Sekedar Catatan

Lumpuh Wajah [Bell's Palsy]

Posted on: January 28, 2008

”Cepetan lama sekali, nanti telat,” ujar Agus (23 tahun) kepada teman kuliahnya Bambang. Sejak semester satu, Bambang dijuluki Mr telat oleh Agus. Karena, rutinitas Bambang menggunakan syal, sarung tangan, dan helm tertutup saat akan menggunakan motor membuat Agus selalu menunggu Bambang.Tindakan Mr telat itu ternyata sangat penting. Karena, rupanya terpaan angin yang terus menerus menampar bagian wajahnya ketika mengendarai motor berpotensi mengakibatkan kelumpuhan wajah atau bell’s palsy. Hal itu pula yang dialami Agus. Keengganannya menggunakan helm tertutup karena gerah membuat dia harus melewati perawatan psioterapi.
Bell’s palsy memang sangat erat kaitannya dengan cuaca dingin. Untuk itu, sebaiknya menghindari terpaan angin secara langsung pada bagian tubuh. ”Orang yang duduk dekat jendela kendaraan, kereta api, tiduran di atas lantai dengan menempelkan sebelah pipi di lantai berpotensi mengalami bell’s palsy,” ujar dokter ahli syaraf RS Gatot Subroto, Dr Hardhi Pranata SpS MARS, kepada Republika, di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Menurutnya, orang yang berada di dalam ruangan pun belum tentu terhindar dari potensi penyakit ini. Bell’s palsy juga bisa menyerang orang yang bekerja di ruangan ber AC secara langsung. Maksudnya, jika AC tersebut memberikan hawa dingin secara merata tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika angin yang ditimbulkan AC hanya terpusat pada satu tempat, itu bisa menimbulkan penyakit tersebut. Penyebab bell’s palsy, kata Hardhi, yakni angin yang masuk ke dalam tengkorak atau foramen stilo mastoideum. Angin dingin ini membuat syaraf di sekitar wajah sembab lalu membesar. Pembengkakan syaraf nomor tujuh atau nervous fascialis ini mengakibatkan pasokan darah ke syaraf tersebut terhenti. Hal itu menyebabkan kematian sel sehingga fungsi menghantar impuls atau rangsangnya terganggu. Akibatnya, perintah otak untuk menggerakkan otot-otot wajah tidak dapat diteruskan. ”Syaraf nomor tujuh ini terjepit hingga akhirnya kelumpuhan terjadi.”Bell’s palsy diambil dari nama Sir Charles Bell, dokter dari abad 19 yang pertama menggambarkan kondisi ini dan menghubungkan dengan kelainan pada syaraf wajah. Meski namanya unik, penyakit ini akan mengganggu secara estetika ataupun fungsi pada wajah. Artinya muka yang terlihat cantik dan bagus di depan kaca itu tidak terjadi dengan sendirinya. Karena, bila salah satu saja syarafnya minta istirahat, maka proporsi wajah menjadi tidak seimbang. Jika tidak ditangani maka akan terjadi kecacatan dengan muka mupeng atau penyok.

Pasien bell’s palsy yang sudah parah akan mengalami perubahan bentuk wajah menjadi penyok, bicara tidak jelas, fungsi lidah terganggu terutama saat mengucapkan huruf konsonan, dan lain-lain. Kondisi seperti ini tentunya tidak diinginkan oleh pasien.

Tanda-tanda bell’s palsy adalah terjadi asimetri pada wajah , rasa baal/kebas di wajah, air mata tidak dapat dikontrol dan sudut mata turun. Selain itu, tanda lainnya adalah kehilangan refleks konjungtiva sehingga tidak dapat menutup mata, rasa sakit pada telinga terutama di bawah telinga, tidak tahan suara keras pada sisi yang terkena, sudut mulut turun, sulit untuk berbicara, air menetes saat minum atau setelah membersihkan gigi, dan kehilangan rasa di bagian depan lidah.

Kasus ini, kata Hardhi, banyak terjadi pada musim dingin. Biasanya yang mengalami adalah lelaki dan tergolong usia dewasa. ”Mungkin lelaki banyak beraktivitas di luar seperti bekerja,” cetus dia.

Hardhi menjelaskan, orang yang terkena penyakit ini harus segera dibawa ke dokter. Biasanya pasien akan mengikuti program fisioterapi selama satu bulan ditambah pemberian sejumlah obat dan vitamin. Jika penyakit ini dibiarkan, maka akan semakin parah terutama pada bagian mata karena akan terjadi iritasi pada mata dan otomatis penglihatanpun terganggu. Penyakit ini tidak akan memicu penyakit lainnya. Namun, jika penderita kelumpuhan wajah mengalami kelumpuhan di daerah lain seperti tangan atau kaki, maka itu disebut stroke.

Semakin panasnya bumi maka penggunaan AC terus bertambah. Selain itu, pertumbuhan kendaraan terus berlangsung. Dari data Gaikindo, volume kendaraan baru di DKI Jakarta setiap harinya mencapai 800-1.200 unit. Itu berarti jika masyarakat kurang menjaga kesehatan dan keamanan, orang yang berpotensi mengalami bell’s palsy semakin banyak. ”Walau penyakit ini bisa disembuhkan, tapi sebaiknya melakukan pencegahan sebelum terjadi,” katanya menjelaskan.

Maka, ungkapnya, bagi pengendara motor sebaiknya menggunakan helm full face, dengan kaca yang dibiarkan tertutup. Sedangkan pengguna kendaraan umum, sebaiknya menghindari kontak langsung dengan angin. Begitu pun, untuk orang yang bekerja di ruangan ber AC.

Iktisar:

- Bell’s palsy diambil dari nama Sir Charles Bell, dokter dari abad 19 yang pertama menggambarkan kondisi ini dan menghubungkan dengan kelainan pada syaraf wajah.
- Pasien bell’s palsy yang sudah parah akan mengalami perubahan bentuk wajah menjadi penyok, bicara tidak jelas, fungsi lidah terganggu terutama saat mengucapkan huruf konsonan, dan lain-lain.

(ren)

Sumber : http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=287657&kat_id=13

58 Responses to "Lumpuh Wajah [Bell's Palsy]"

Artikel diatas adalah cerita yang sebenarnya yang dialami ibu saya. Kami semua panik, kami berpikir ibu kami stroke. Kami cek darah dan ginjal ibu, baik kholesterol, gula dan fungsi ginjal masih dikatakan baik. Kami disarankan untuk periksa ke dokter ahli saraf. Setelah diperiksa dokter mengatakan lemah syaraf. Kami agak tenang… Akhirnya kami bawa ke dokter umum dan di akupuntur. Empat kali proses akupuntur (2 hari sekali), perubahan bentuk wajah yang tadinya penyok, bicara tidak jelas, fungsi lidah berangsur normal. Alhamdullilah…

minta informasi nya dong diterapi akupuntur nya dmana? minum obat ya apa? thx.

Nang ak minta alamat dokter umum dan akupuntur nya
ak sdh 2 minggu terserang bell’s palsy

terima kasih

Tanggal 28 Agustus 2011 (sebelum idul fitri 1432H) saya terserang penyakit yg membuat saya panik !!! STROKE ??? usia saya msh muda dan kesehatan saya alhamdulillah,,tapi apa ini?? setelah search di internet saya baru tahu itu adalah Bell’s palsy,,satu minggu lamanya saya tdk ke dokter ( LIBUR LEBARAN) hanya bisa bertahan dengan mencoba minum vitamin B12 dan jinten hitam, sepulang ke jakarta saya langsung terapi akupuntur di Kemang Medical care oleh Dr.Tiyok, (Lantai 5 ) terapi tgl 5 sept,8 Sept dan 10 sept (3 kali ) alhamdulillah saya sudah sembuh total, saya bisa bersiul kembali, terseyum dengan simetris dan mata kiri saya sdh bisa berkedip dengan normal,,Alhamdulillah ya Robbi tks Dr.Tiyok !!

sy jg mengalami bell’s palsy,tetapi sesudah mengikuti terapi tidak ada perubhan….
sudah hampir 2 taun,masih bisa disembuhin g ya….

Sudah coba terapi alternatif. Ada yg melalui tusuk jarum, urut tulang belakang (saya coba unt terapi asam lambung, alhamdulillah berhasil. Cuma lokasinya jauh di Aceh) dll. Terapi alternatif banyak di jakarta. Smg cepat sembuh spt semula.

saya mengalami bell’s palsy hampir 20 tahun.saya telah diberi vitamin,fisioterapi.tetapi tidak sembuh juga.apakah harus saya buat?saya putus asa sekarang kerana saya tidak tahu apa perlu saya buat untuk sembuh seperti sediakala.

hallo, saya juga menderita lumpuh wajah sebelah, mba joyce di FB saya bikin group facial paralysis (lumpuh wajah)Indonesia, gabung ya…biar bisa kumpul n sharing

fb nya apa mba

Di Lhokseumawe Aceh ada terapi melalui analisa bola mata, pemberian obat tablet khusus dan urut tulang belakang. Ada beberapa pasien yang mengalami perubahan setelah dilakukan terapy.

Ternyata orang dapat membaca penyakit yang kita derita hanya dengan melihat mata. Orang yang memiliki gas lambung berlebih yang menyebabkan maag akut akan terlihat. Begitu juga orang yang punya kolesterol tinggi. Yang saya alami, alhamdulillah, berhasil. Asam lambung saya tinggi dan sudah berobat ke dokter spesialis penyakit dalam, internist. Namun belum juga berhasil. Melalui terapy ini, alhamdulillah, berhasil.

Sayangnya cukup jauh. Dari Medan ke Lhokseumawe butuh waktu 6 jam perjalanan darat. Dari Banda Aceh 5 jam perjalanan. Tidak ada transportasi udara menuju Lhokseumawe.

Bila ada gejala terkena Bell’s Palsy, SEGERALAH BEROBAT ke dokter syaraf. Bila terlambat syaraf akan rusak permanen. Bila ditangani secara dini, Bell’s Palsy bisa disembuhkan secara cepat, bahkan seketika, dengan hanya minum obat dengan dosis tertentu tanpa perlu fisio terapi.

Saya pernah mengalaminya, lihat di blog saya dengan topik Bell’s Palsy.

Saya saat ini mengalaminya dan berlangsung sekitar 5 hari yang lalu. Saya sudah memeriksakan ke dokter umum dan dokter syaraf serta akupunktur. Saya telah memperoleh obat dan melakukan pengobatan Fisioteraphi 1x dan akupunktur juga 1 kali. Kira-kira berapa lama penyakit saya akan dapat disembuhkan seperti sediakala?

Mas Dedi, pak Anton C Arsen telah mengalami hal yang sama. Silakan kunjungi blognya dan semoga dapat membantu mas Dedi. Blognya di http://samarindaonline.blogspot.com/

berita terkait ada di http://samarindaonline.blogspot.com/2008/10/bells-palsy.html

Semoga cepat sembuh. Amien

saya mengalami bells-palsy pada pertengahan April 2009, selama sebulan saya mengikuti fisioterapi dan puji Tuhan sekarang saya sudah sembuh, dan sampai saat ini saya masih tetap meminum vitamin untuk syaraf.

bagi para penderita lumpuh wajah gabung yuk di FB group facial paralysis (lumpuh wajah) Indonesia.

Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit, termasuk bell’s palsy, yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (Hampir semua kitab suci menulis tentang lebah, Q.S. An Nahl Ayat 68 & 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
semoga bermanfaat
Rahmah

saya juga menderita penyakit bell palsy,,sudah 3 tahun,,saya sudah fisoterapy minum obat berobat tradisional n modern tapi gak kunjung sembuh,,rasa nya pengen cepet mati aj,,dari pada malu kayak gini

saya jg sudah 1 mggu lebih kena bells palsy, hari pertama minum obat resep dr dokter saraf, hari ke dua nya br terapi dipanas2in gitu di rumah sakit, tp aku kurang yakin terapi di dokter qo cm dipanas2in gitu aja 20menit, trus di urut2 mukanya hanya sebentar, aku ngrasa klo terapi nya cm begitu doank dirumah pun aku bisa melakukan itu, tinggal di kompres pke air hangat atau pakai tradisional, pasir di panaskan lalu dibungkus kertas dan kain lalu ditempel deh di leher dan pipi, panas jg tuh rasanya. tapi tetep minum obat sih.

ma sekarang ini lagi coba alternatif tukang urut saraf wahhh baru sekali di urut hasilnya beda bgt rasanya leher dan pipi jadi enteng dan ga nyeri lagi. trs temen blg bengkaknya ilang. berbeda skali klo aku selesai terapi dr dokter kaya nya ga ada perubahan gitu. rasanya gitu2 aja, leher dan muka tetep brasa tebel dan nyeri.

makanya aku bingung nih,,, mo terapi alternatif ini atau dokter, walau byk jg sih aku baca yg dah pd berhasil lewat terapi dokter, cm ko aku nya lebih brasa efek sembuh nya lwt alternatif urut ya…

ada yg bs bantu ga, kasih pendapat aku hrs berobat terapi dokter atau tradisional urut saraf ? atau ada kah yg punya pengalaman berobat alternatif urut saraf yg berhasil??

mba mia…
ibu saya (69 th) jg kena bell’s palsy ini dari 12 juni 2011 kmrn dan sudah ke dokter syaraf dan mengikuti fisioterapi dan minum obat dan vitamin-nya. Harus suntik setiap 5 hari sekali untuk 5-6 kali suntikan. Saat ini baru menjalani 2 x suntikan, jumat besok yang ke-3. Problemnya ibu saya jg punya penyakit insomnia yang membuatnya susah tidur (harus dengan obat) selama hampir 20 tahunan ini. Dan sudah 2 hari ini susah tidurnya kumat meski sudah minum obatnya. Bisakah mba mia atau siapa pun yang punya info Pijat Syaraf yang seperti mba Mia pernah coba…Trims infonya dan mohon doa untuk kesembuhan ibu saya..

Nama sy arno berusia 30thn sy udh punya penyakit ini udh sekitar 18 thn udah berbagai cara yg sdh sy lakukan namun gak kunjung sembuh gara2 penyakit ini sy udh trauma dan rasany mau mati aja ! Pertanyaan sy bgmna penyembuhan dgn cara lain !

ijin share ya mas…

umur saya 19 tahun,tapi sudah terkena belpalsi,,
kata Dr. saraf penyakit ini jarang terjadi di usia muda…

skrang saya sedang masa pengobatan dan terapi>>

dan ALhamDuLILLah udah berkurangg

Apakah saat Tua nanti belpalsi akan saya derita lagii ??

Katanya penyakit ini penyebab ilmiahnya belum diketahui ya, makanya segala macam pengobatan hanya untuk mengurangi rasa sakit/nyeri bukan untuk penyembuhan?

obat apakah penyembuh bell’s pasley ?

Saya juga pernah mengalami bells palsy, saat sedang mengandung anak pertama saya. alhamdulillah bisa sembuh dalam waktu 2 minggu, diresepkan obat syaraf dan menjalani fisioterapi sebanyak 7 kali.

resep obat nya apa ? aku juga lagi mengandung dan sudah 3x akupuntur dan totok wajah belom ada perubahan

Mbak zsanty,Obat yg dikasih apa aja ya? Apa aman diminum ketika hamil?soalnya sy jg lagi hamil n terkna bells palsy..

@zsanty : mbak mulai fisiotheraphy nya setelah berapa hr kena ??

Mbak zsanty. . .mau tanya. . .dlu fisioterapi nya sblm atw stlh mlhirkan? aq skr jg lg hmil ud 9bln kna bells palsy ud 1mgu. Aq udah k dktr saraf,dikasi obt. Kt dktrnya aq g blh fisioterapi krn dpt mempengaruhi khmilanku. . .apa bnr gt y? aq g sbr pgn cpt smbuh :(

aku kena bell’s palsy 12 juni 2011 langsung suruh opname n dikasih obat ma vitamin gitu, trus hari ke 4 aku minta pulang n obat jalan,sekarang masih ikut terapi ma dikasih obat ma dokter saraf, aku dah 8 kai ikut terapi,,,,alhamdullilah ada perubahan walopun dikit dikit, hidungku dah bisa digerakkan trus mata aku dah agak lumayan ga pedes lagi tp bibir aku masih miring klo ngomong, di rumah disuruh latihan senyum,latihan angkat alis,ma latihan bibir disuruh monyong,hehe…….yg penting tetep SEMANGAT!!!!!!!!

kalau terserang Bell’palsy, per-tama2 ambil botol bari beling isi air anget, dan kompreskan dipipi bagian bawah mata yang ngak mau nutup, sesering mungkin, hindari minum/makanan yang dingin(es),jangan menggosok gosok dengan tangan,juga hindari ber-angin2, juga jangan lakukan terapi baik di sinar maupun di strum, karena itu mengakibatkan syaraf yang sakit menjadi kaku . kalau belum juga sembuh, jangan panik, aku tahu yang bisa menyembuhkan, dan hampir dipastikan kembali seperti semula dan tidak sampai 1 bulan loh.
indrawan_4@hotmail.com

Referensi terapi di Surabaya :
Terapi obat cina (bukan obat minum, digenggam di telapak tangan,
obat masuk melalui pembuluh darah telapak tangan)
Bpk Tony S. Jl. Kapas Krampung 214 A SBY – 082 13140 8008

terapinya pki apa sis? di jamin pasti sembuh???

tolong aku juga kena bells palsy :( bantu aku 3 hari membuatku strez

Tolong donk dmn tempatnya…terima kasih

DOK TLONG CARA ALTERNAIFNYA APA????

obat atau alternatif apa yang bisa dipakai untuk menyembuhkan bell’s palsy ini saya baru kena sekitar 3 hari bagai mana menyembuhkan nya dan agar dapat normal kembali?

jika palsy nya tidak kunjung sembuh bisa menahun.segeralah lakukan tearapi. jika dekat daatang ke padepokan saya saya bantu terapi,
kemarin adik saya juga kena palsy alhamdulilah 11 x terapi sudah normal kembali
http://www.doyosejati.wordpress.com

september lalud mlm hari tiba2 mulut qu mencong,mata qu tdk bsa berkedip,lidah qu pun tdk bsa merasakan….td na aq dan org tua mengira itu
hanya sakit yg 2/3 hari pun akan sembuh…tp ternyata sdah 3 minggu tdak kunjung ada perubahan…akhir nya aq pergi ke dokter gigi mungkin ada pengaruh dgn behel yang aq gunakan tp ternyata dokter qu bilang aq terkena bell’s palsy..dan dy menyarankan dan memberi srat rujukan untuk segera ke dokter specialis syaraf..akhirnya aq dan org tua qu lgsng bergegas ke dokter syaraf tsb…stelah dpriksa ternyata benar ag terkena bell’s palsy..dokter syaraf tsb menyaran kan aq untuk fisiotrafi…akhirnya qu fisiotrafi stiap 2 hari skali…setelah menjalani 4 kali fisiotrafi akhirnya aq sembuh..sekarang aq sudah bsa tersenyum,kumur2,bersiul,mengangkat alis dan main mata…alhamdllah aq sudah normal kembali…

anda bisa mengobatinya sendiri ini caranya saya sudah berhasil 5 kali …semoga bisa membantu anda yg sedang sedih karena bell’s palsyhttp://bataviareload.wordpress.com/?s=bell%27s

dah hampir 2th saya mengalami bell’palsy, sebelumnya sudah saya lakukan akupunktur & terapy di rumah sakit selama 1th tp belum sembuh,,, setelah setahun baru di ketahui penyebab bell’palsy saya di karenakan ada benjolan dibawah telinga disebut penyakit tumor parotis, dan akhirnya saya di operasi,, setelah di operasi tumor parotis say terangkat tapi wajah saya masih tetap terkena penyakit bell palsy,, skarang dah hampir 2 th apa mzh bisa kembali normal wajah saya…

Nama saya joe..sy tinggal di aceh..tahun 2006 sy mengalami kecelakaan..kemudia wajah saya tdk bs di gerakan seperti ciri2 bell’s palsy..setelah menjalan fisioterapi Alhamdulillah saya mendapat banyak perubahan..namun hingga sekarang bell’s palsy saya masih belum sembuh total..

Saya mohon kepada saudara2 semua untuk memberikan informasi tempat pengobatan terdekat di aceh..bagi yg ikhlas membantu saya tolong sms saya ke no 082168580880.. Nanti sy akan telvon..terim kasih sebelum nya…

tolong aku kena bells palsy ud 3 hari aku jadi strez

Nanda : saya baru saja sembuh dari bell’s palsy. Lumpuh wajah separuh saya hanya berlangsung 2 hari, keesokan harinya lumpuh wajah wajah menyerang seluruh wajah saya. Alhamdulillah dengan ditangani oleh Dr Agus di RSUD Depok wajah saya kembali normal, salah satu terapinya adalah dengan membiasakan mengunyah permen karet dan sering-sering berkumur. Pada awal-awal mungkin berkumur akan terus bocor airnya/lepas terus dari mulut tp dengan rasa optimis yang besar Anda pasti bisa. Semangat ya. Aku tahu banget rasanya :’)

pada waktu saya umur 14 tahun saya terkena bell’palsy langsung sya segera berobat ke dokter dengan berobat 3 kli sya sudh bisa sembuh kemali dengan normal. terus skarang sya umur 21 tahun. saya mengalami bell’palsy kembali kemudian saya berobat kembali ke dokter yg sama tapi anehnya bell’palsy yg skarang tdak kunjung sembuh.. yg jd pertanyaan saya knapa beel’palsy yg skarang tdak kunjung sembuh??????

silahkan membuka akun face book : facebook.com/tony.susanto.3994 mudah2 penderita bell’s palsy akan menemukan yang dicari…

Cara Cepat untuk sembuhkan Bells Palsy
==================================
kalau kena nya belum 4hari, cepat-cepat ke Rumah Sakit / Klinik, suntikan Vitamin B Komplek, maka saraf ke 7 yang infeksi akan cepat sembuh.

Menurut pengalaman temen saya,beliau pernah kena bells palsy, disamping makan obat dari dokter specialis syaraf juga harus terapi dgn akupontur

alhmdllah,1bln lama nya aq mendrta krna bell’s palsy.ckrg aq udh smbuh total ;)
aq bsa brkedip,brkumur,dan senyum lg.seneeeng dh :)

saya kena BP sekitar bulan september 2006 dengan pengobatan terapi dan akupuntur Puji Tuhan wajah saya sudah bisa dikatakan simetris, minum dan tertawa juga tidak begitu ternganggu. namun masih terasa kebas dan mata agak turun, mohon info apa ya yg harus saya lakukan lagi.
terima kasih

saya mengalami terkena bell’s palsy sekitar 5 bulan yang lalu namun belum sembuh tolongin dong….

31/10/2012 pas bangun pagi tiba tiba mulut udh miring mata ga bisa kedip, kmd oleh dokter saraf di vonis beells palsy keesokan harix saya ke dokter reham medik kmd di suruh terapi tp udh 18x terapiblm ada hasil, mohon infox kalo ada terapi yg lain, thx

Aku terkena bells plasy,aku minta alamat klinik akupuntur di daerah depok yg ok donk,

4hari lalu pacar sy terserang bells palsy , opname di RS sudah 3 hari tp belum ada perawatan lebih lanjut , mukanya pun sudah mulai membengkak , ada saran untuk pengobatan ?

sya juga terkenak bals plasy.sya tinggal dibatam.hari ini pas sdh 2bulan sya menderita bals plasy.perkembangan nya halis mata sya sdh bisa dinaik turunin.mata sdh mulai bsa ditutup.nah yang sya paniki knapa kalau senyum masih menceng alias miring.apakah penyembuhan bagian bibirb emang paling terakhir ya teman2.mhn info nya donk.

cara mengobatinya gimana ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Shalawat

Al Qur’an Online

Tawassul

Pengunjung

  • 519,240 Pembaca Setia

اهلا وسهلا بحضوركم

Ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk. Kebenaran datangnya dari Alloh SWT, kesalahan datangnya dari kelemahan diri saya pribadi. Jika ingin copy-paste silakan. Mohon masukan dan tegur sapa serta do'akan semoga tetap istiqomah di jalanNYA. Amien

Terima kasih atas kunjungan Anda

Allah exists without a place!

Sahabat Ali Ibn Abi Thalib berkata : "Sebagian golongan dari umat Islam ini ketika kiamat telah dekat akan kembali menjadi orang-orang kafir." Seseorang bertanya kepadanya : "Wahai Amirul Mukminin apakah sebab kekufuran mereka? Adakah karena membuat ajaran baru atau karena pengingkaran?” Sahabat Ali Ibn Abi Thalib menjawab : "Mereka menjadi kafir karena pengingkaran. Mereka mengingkari Pencipta mereka (Allah SWT) dan mensifati-Nya dengan sifat-sifat benda dan anggota-anggota badan." (Imam Ibn Al-Mu'allim Al-Qurasyi (w. 725 H) dalam Kitab Najm Al-Muhtadi Wa Rajm Al-Mu'tadi)

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,006 other followers

January 2008
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Twitter

Follow me

Shalawat

  1. preview.mp3
  2. M%2BArifin%2BIlham%2B-%2BYa%2BNabi%2BSalam%2BAlaika.mp3
  3. ap-oq6l6w39jhfk.mp3
  4. ap-kuhtapcgrrwg.mp3
  5. ap-io10264j8ykg.mp3
  6. ap-c7w3xmbvvgn4.mp3
  7. ap-cikw7fy7bj0g.mp3
  8. ap-z98gruoi737k.mp3
  9. ap-zz1fwua0x4ao.mp3
  10. preview.mp3
  11. preview.mp3
  12. preview.mp3
  13. preview.mp3
  14. preview.mp3
  15. preview.mp3
  16. preview.mp3
  17. preview.mp3
  18. preview.mp3
  19. preview.mp3
  20. preview.mp3
  21. preview.mp3
  22. preview.mp3
  23. preview.mp3



Asas

Page Rank

Online

tracker

My 4shared

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,006 other followers