Sekedar Catatan

Sekolah di Jerman

Posted on: February 9, 2008

Memenuhi permintaan penggemar, eh maksudku ibu guru Rina yang ingin tahu tentang pendidikan di jerman, sedikit akan saya tulis semampu saya.

Resminya dimulai dengan masuk Kinder Garten /TK ketika anak berusia 3 tahun. Pada umumnya sekolah di sini gratis dr Grundschule (SD) sampai dengan SMU. Kecuali biaya pendidikan di Kindergarten disesuaikan dengan Einkommen/ pendapatan orang tua. Semua pembayaran melalui bank dan diatur oleh Jugenamt/ Departeman kepemudaan di setiap daerah. Jika orang tua penerima bantuan sosial otomatis bebas biaya TK.Anak yang hari lahirnya terakhir tgl 31 juli berumur 6 tahun, diwajibkan mendaftarkan diri masuk sekolah SD di sekitar tempat tinggalnya. Bis sekolah disediakan pemerintah pulang pergi sesuai jadwal tempat pemberhentian bis. Setelah 4 tahun, anak pindah ke kelas 5 sesuai dengan penilaian dr guru dan persetujuan ortu. Kelas 5 s.d kelas 10 dapat ditempuh dengan jalan masuk sekolah Hauptschule daan Realschule jika prestasi anak itu biasa saja. Jika anak itu pintar masuk ke Gymnasium dan berkesempatan utk masuk kuliah. Biaya sekolah gratis, hanya perlengkapan sekolah ditanggung sendiri seperti buku dan alat tulis.

Anak lulusan Hauptschule dan Realschule kira2 berumur 16 tahun mulai mencari Ausbildung untuk pekerjaan sesuai cita2 dan keahlian yg mereka inginkan. Setelah Ausbildung/magang selesai, mereka bisa langsung bekerja mendapat gaji. Sedangkan anak lulusan dr Gymnasium masih harus kuliah minimal 5 tahun baru bisa bekerja fulltime. Jika ada kesempatan dan info terbaru akan saya sambung lagi tulisan ini.

Kontributor : Irda, Erfstadt Deutschland

6 Responses to "Sekolah di Jerman"

Sekedar menambahkan:
Setelah anak selesai dengan Grundschule anak sebenarnya punya 4 Alternatif sekolah untuk dikunjungi, seperti yg dikatakan Irda; Hauptschule, Realschule, Gymnasium dan Gesamtschule, untuk yang terakhir ini tidah terdapat di seluruh negara bagian, kalau saya tidak salah sekolah ini adalah gabungan dari 3 sekolah tersbut. seperti yang kita ketahui Gymnasium diperuntukan bagi anak2 yang cukup berprestasi dan berniat nantinya masuk ke Perguruan Tinggi, dulu sekolah ini berlangsung sampai kelas 13, tapi sekarang ada perubahan yaitu hanya sampai kelas 12 tapi saya tidak yakin di negara bagian mana saja yang sudah merapkan sistem ini, kalau saya tidak salah di Indonesia sudah 12 tahun.
Setelah anak selesai dengan Gymnasium siswa punya dua Perguruan Tinggi yang bisa mereka kunjungi yaitu Universitaet dan Fachhochschule, di Universitaet kuliah biasanya berlangsung lebih lama daripada di FH, perbedaan dari kedua PT ini adalah: Di UNI mahasiswa kuliah lebih banyak teori dengan komposisi 60 % teori dan 40 % Praktek, sementara di FH sebaliknya 60 % Praktek dan 40 % Teori. Jadi mana yang lebh bagus ? Dua-duanya bagus, tergantung bidang kerja apa yg diperlukan, Uni biasanya menghasilkan Dosen, Peneliti, Manager, sementara FH lebih ke Orang yang ahli dalam satu bidang dalam Industri misalnya.
Mungkin rekan-rekan selama ini bekannt dengan sistem gelar DIPLOM, sistem ini sekarang sudah mulai ditinggalkan karena sudah sebagian besar Program Gelar yang ditawarkan oleh Perguruan Tinggi di Jerman berupa Bachelor dasn Master, dan nantinya seluruhnya akan menjadi Bachelor dan Master. Apa kerugiannya? Bagi orang yang fanatik dengan Gelar khas Jerman DIPLOM mkg tidak bagus, karena reputasi Jerman di Indonesia sangat bagus, tapi juga ada manfaat besar yang mahasiswa Indo dapatkan dengan perubahan sistem ini yaitu: dulu Orang Indo yang bergelar Diplom ada masalah karena bagi mereka yg ingin kerja di Pemerintahan hgelar tersebut hanya diakui sebagai SARJANA PLUS, padahal di Negara asalnya setara dengan MASTER Internasional. Nah skr sdj ada Gelar Bachelor dan Master dan Orang Indo tidak akan ada kendala yang sam lagi.
Demikian tamabahan dari gua, semoga dapat menambahkan Info

Salam kenal,
maaf sebelumnya Pak, saya boleh tanya detail untuk cara bagaimana mendaftarkan anak saya yg ingin sekolah smu/smanya dijerman mengingat anak saya ingin sekali sekolah dijerman.

salam,

Ady

Makin jelas. Danke herr Dipl. Ing. Danang S.Pd

sama-sama om Proff. Dr. H. Saad, S.Pd, M.Pd.

He he he. Berlebihan, lha wong lulusnya lewat kompre… :-P

Kalo orang Jerman kerja nggak mengandalkan gelar melainkan keahlian dan kerajinan mereka dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Orang tua di Jerman sepertinya lebih senang anaknya mendapatkan tempat utk Ausbildung dan langsung bekerja,drpd kuliah yg memerlukan lebih banyak biaya dan tidak langsung berkerja dan menghasilkan uang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Shalawat

Al Qur’an Online

Tawassul

Pengunjung

  • 524,648 Pembaca Setia

اهلا وسهلا بحضوركم

Ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk. Kebenaran datangnya dari Alloh SWT, kesalahan datangnya dari kelemahan diri saya pribadi. Jika ingin copy-paste silakan. Mohon masukan dan tegur sapa serta do'akan semoga tetap istiqomah di jalanNYA. Amien

Terima kasih atas kunjungan Anda

Allah exists without a place!

Sahabat Ali Ibn Abi Thalib berkata : "Sebagian golongan dari umat Islam ini ketika kiamat telah dekat akan kembali menjadi orang-orang kafir." Seseorang bertanya kepadanya : "Wahai Amirul Mukminin apakah sebab kekufuran mereka? Adakah karena membuat ajaran baru atau karena pengingkaran?” Sahabat Ali Ibn Abi Thalib menjawab : "Mereka menjadi kafir karena pengingkaran. Mereka mengingkari Pencipta mereka (Allah SWT) dan mensifati-Nya dengan sifat-sifat benda dan anggota-anggota badan." (Imam Ibn Al-Mu'allim Al-Qurasyi (w. 725 H) dalam Kitab Najm Al-Muhtadi Wa Rajm Al-Mu'tadi)

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,006 other followers

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Twitter

Follow me

Shalawat

  1. preview.mp3
  2. M%2BArifin%2BIlham%2B-%2BYa%2BNabi%2BSalam%2BAlaika.mp3
  3. ap-oq6l6w39jhfk.mp3
  4. ap-kuhtapcgrrwg.mp3
  5. ap-io10264j8ykg.mp3
  6. ap-c7w3xmbvvgn4.mp3
  7. ap-cikw7fy7bj0g.mp3
  8. ap-z98gruoi737k.mp3
  9. ap-zz1fwua0x4ao.mp3
  10. preview.mp3
  11. preview.mp3
  12. preview.mp3
  13. preview.mp3
  14. preview.mp3
  15. preview.mp3
  16. preview.mp3
  17. preview.mp3
  18. preview.mp3
  19. preview.mp3
  20. preview.mp3
  21. preview.mp3
  22. preview.mp3
  23. preview.mp3



Asas

Page Rank

Online

tracker

My 4shared

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,006 other followers