Sekedar Catatan

Urus Visa ke Jerman Susah

Posted on: January 5, 2010

Berikut informasi berharga dari satu rekan -teh Irda- yang sudah bertahun-tahun tinggal di Jerman mengenai apa yang harus disiapkan sebelum berangkat ke Deustchland (Jerman). Semoga bermanfaat. Danke, teh

Untuk teman-temanku, saudara2 dan handai taulan sekalian serta yang ingin tau gampang tidaknya pergi ke Jerman (Eropa) kutulis di sini aja ya, bagaimana sih caranya bisa pergi ke Jerman dan harus kemana dan apa saja syarat- syaratnya. Untuk pemegang paspor Indonesia tidak lah mudah pergi ke Jerman hanya dgn tiket pp dan paspor saja. Melainkan harus mengurus visa ke kedutaan Jerman. Syarat mendapatkan visa, haruslah ada surat undangan dari orang Jerman. Surat undangan ini dibuat oleh Ausländeramt (semacam kantor imigrasi) yang menyatakan bahwa orang Jerman itu mampu mengundang org Indo datang dan tinggal di Jerman. Bukti bahwa dia mempunyai uang dan tempat yang cukup untuk tinggal dan biaya sehari-hari. Jika tidak mempunyai bukti itu, surat undangan tidak bisa dikeluarkan. Biaya pembuatan surat undangan kira2 25 Euro.

Setelah mengurus surat undangan selesai, orang indonesia yang akan diundang dan datang ke Jerman harus mengurus asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan bisa diurus di ADAC atau bank2 di Jerman. Biayanya tergantung berapa lama org indo itu akan tinggal di Jerman. Mau 1 bulan atau 3 bulan kira2 harga asuransi itu dr 65 Euro s.d 135 Euro. Setiap orang yg tinggal atau berada di Jerman wajib mempunyai asuransi kesehatan atau kecelakaan. Karena jika tiba2 ada kecelakaan yg menimpa org indo tersebut, siapa yang akan membayarnya ? Biaya rumah sakitnya yg sangat mahal akan membebani org lain. Contohnya untuk mobil ambulans saja kita harus membayar -+ 500 Euro, belum dokter dan biaya penginapannya. Jika surat undangan dan surat asuransi kesehatan terpenuhi, barulah org Indo yg akan diundang itu bisa mengurus visa ke kedutaan dgn mengisi formulir, foto berwarna yg belakangnya putih, membayar biaya visa dan bukti booking tiket pp ke Jerman. Jika selesai memdapatkan visa di kedutaan baru deh bisa terbang ke Jerman dengan membayar tax and service di bandara, serta membayar biaya fiskal 2,5 juta rupiah. Selamat mengurus visa, semoga berhasil dan bisa terbang ke Jerman atau negara2 Eropa yang kira2 persyaratannya sama dgn jerman. Gitu aja yaaa…

57 Responses to "Urus Visa ke Jerman Susah"

sulit ya… katanya sekarang harus pakai sertifikat A1 jg..

katanya begitu La.

Aku dah pernah ngurus… smua syaratnya sudah terpenuhi…. sampai2 surat cuti besar dari kantor yg dgn susah payah didapat sudah ada…. deposito ada…. tetap aj gagal… dgn alasan tujuan keberangkatan dan kesediaan kembali ke negara asal diragukan….. ga dijelasin jg kurangny apa….. capeeekkkkkk…..

Mbak Esty temannya Tetty(Rahmisita hasniastuti)yg S2 d Belanda ya????

Bagaimana jika aku mau nyusul suamiku yang orang German. Apa juga sama prosedurenya. Katanya harus bisa bahasa Jerman. Apa harus? Apa bahasa Inggris aja gak cukup????

saya bantu jawab ya.
iya sekarang harus ditambah dengan sertifikat bahasa Jerman minimal level A1.. sertifikat ini sekarang wajib dilampirkan bersama permohonan visa. Murid saya dulu jg seperti itu, mau nyusul suaminya yg di jerman, tapi harus diribetkan dengan sertifikat ini. Makanya dy ambil les privat intensif ke saya sampai dy berhasil lulus ujian di Goethe Institut dan meraih sertifikat A1 tsb. waktu itu sempet ketar-ketir juga, karena belajar intensifnya cm 1 bulan.. tapi alhamdulillah bs langsung lulus..
Semoga membantu ya mba Dinda. Salam.

mba, saya mau kursus bahasa jerman di goethe, tp ternyata 9 bulan ya mba
sementara saya ingin sekali berangkat sebelum may 2011,
mba bisa memberikan kursus intensif ya mba?boleh PM saya mba biaya kursusnya dan metode nya
di: jimmyrichard_1982@yahoo.com
saya tunggu jawaban dari mba

terima kasih banyak ya mba

regards

jimmy

mba..saya jg mau kursus dunk.. mbak lokasinya dimana? saya di bandung nih

mbak mau nanya, klo cm visa turis, apa harus punya sertifikat A.1 ya?

mbak,,
mau tanya nihh,pls help ya..

gimana cara mau dapetin sertifikat a1 nya,karena sy tinggal disumatra selatang,dan bulan depan mau ngajuin visa ke german,saya punya usaha sendiri?jadi syaratnya apa aja mbak,pls help answer ya

thanks mbak,,,

teddy mau ke jerman pakai visa turis atau visa tinggal ya? kalau tourist visa nggak perlu sertifikat A1.
Kalau memang visa tinggal, teddy musti hubungi goethe institute di jakarta dan ambil kursus singkat bahasa jerman dulu. Dulu sari belajar bahasa german dari tempat lain dan cuma ikut ujian A1 saja di goethe. Syukur bisa lolos mungkin krn udah sering juga dipakai komunikasi. Peraturan mulai tahun 2006 sih. Dulu sari nggak perlu pakai A1 dan belajar bahasa jerman setelah sampai di jerman dan tinggal disana. Berhubung kembali ke tanah air dan tinggal lebih dari 6 bulan di luar jerman maka otomatis visa unlimited stay di jerman jadi hilang dan ngurus lagi belakangan krn mau tinggal lagi di jerman.

Kebetulan waktu dapet visa turis 3 bulan, sari ikut ujian saja di Goethe institute freiburg jerman.
Sebagai catatan, embassy Jerman hanya menerima certifikat A1 dr Goethe institute (bisa dimana saja diseluruh dunia). Di indonesia ada Goethe jakarta, bandung dan Surabaya. Krn ujian tidak setiap saat harus rajin2 cari info jika cuma mau ikut ujiannya aja :-)

sebenernya kalau smua syarat terpenuhi, visa untuk ke jerman bisa di dapet. Kalau cuma turis ( berkunjung kurang dari 3 bulan ) syaratnya cuma surat undangan dari sponsor (auslanderamt /imigrasi) asal pengundang, mengisi formulir permohonan, pasport yg msh berlaku (minimal 6 bulan valid), membayar biaya visa, asuransi kesehatan dan perjalanan selama berada di wilayah schengen (termasuk jerman) dg nilai pertanggungan tertentu (lihat di web site embasy jerman), surat cuti (buat yang bekerja pada orang lain) atau siup,npwp buat wiraswasta.

kalau untuk ijin tinggal lebih dari 3 bulan (termasuk nyusul keluarga/suami/istri) musti ditambah dengan certifikat A1 dari Goethe institute.
Surat nikah juga musti di translate dan dilegalisasi oleh deplu, dephukum dan ham serta disyahkan oleh german embasy. Begitu juga dengan akte lahir ybs,

smoga info ini bermanfaat buat teman2 yang lain :-))

Terima kasih tambahan informaisnya mbak Ary Tyas

hi mbak,

karena visa saya udah di tolak ama embasy german,gak mau lagi nich untuk coba kedua kali,,habis waktu saja jadinya,saya dari sumatra jauh2,,,,semua persyaratan udah ok pun,kalo menurut mereka belum ok,tetep akan di tolak,,,,dan yang paling mengesalkan embasy tidak memberikan alasan dalam bahasa indonesian or english kalau visa di tolak,,huhhhhh capek dahhh…

makasih ya mbak

halo semua..saya juga mau kursus bahasa ni..yang intensif aja buat ikut ujian Goethe..ada yang punya infonya gak yah??saya di bandung nih.. saya butuh ijazah A1 buat maried ma orang German..somebody help please..

Salam kenal, saya Herr Kaka, pengajar bahasa Jerman di Goethe Jakarta.
Apa sudah dapat guru untuk les bahasa Jerman ? kalau belum nanti Herr Kaka kirim daftar guru bersertifikat Goethe di bandung.
email herr kaka tayasmen@yahoo.com
telp: 021- 273 63576

Waduh2 koq ribet amat yah mau ke german aja kaya gini…
oia saya mau tanya juga dong…
Kalau saya hanya punya sertifikat A3 tapi udah pengen banget ke German bisa ga yah??
Berapa lama pengurusan surat-surat untuk tinggal di German??
Danke schön für information…

@ane chamelia
level A itu sampai A2 saja.
mungkin maksudnya A1.3 kali ya
berarti itu sudah di level A1.
kalo dibutuhkan sertifikat A1 (tergantung visa apa ya yang mau diambil) ya bisa2 aja apply visa untuk ke Jerman.

Mba saya ada rencana mau pindah ke jerman bareng anak2 yg hak asuhnya jatuh ke saya karna emang calon suami orng jerman, saya sudah agak tahu sedikit apa yg mesti di urus..cuma katanya mesti lewat tes juga ya? Gimana kalo udah pernah kursus bahasa jerman apa lagsung bisa ikut tesnya? Kedutaan minta ga ijasah yg wkt ikut kursus sebelumnya?…kalo ga lulus gimana lagi?..thx untuk jawabanya..tapi kalo bisa di jawab detail semua yg mesti saya siapin lebih trima kasih lagi..

Hi mbak, aku Sofie umurku 18 tahun, rencana dalam bulan July aku mau liburan ke Jerman aku diundang sama temanku di sana (orang Jerman) tp aku gak punya rekening soalnya semua biayanya ditanggung sama dia, apakah itu berpengaruh?
Trus apa aku masih harus menggunakan surat isin orang tua?
mohon informasinya yah

Thanks

kamu udah bekerja belum? soalnya tar ribet ditanya2 kerjaan kamu apa, sudah kenal berapa lama dengan pengundang dan wawancara lainnya pas ngurus visa. disini karna kamu masih muda biasanya gak gampang tapi coba aja deh, btw orang indo ke jerman susah makan biaya banyak pula untuk tiket n visa, coba kalau orang jermannya yang kesini, pasti lebih murah meriah dan gampang :) tapi coba aja ya

Good luck

Hi mbak,
bagus sekali ini blognya,sangant membantu.
Tapi saya masih mohon bantuan mbak,begini rencana saya akan ke German atas undangan calon suami, kalau bisa bulan September 2011,dikarenakan ada acara dikeluarga dia..saya diundang dan dia jadi sponsornya,semua biaya ditanggung selama saya di German.rencana saya akan mengajukan visa turis mbak,mohon penjelasan syarat yang komplit ya mbak,maaf sebelumnya dan terimakasih banyak atas bantuan mbak.oh jua mohon info untuk kursus bahasa german di Yogyakarta ada ga ya mbak,karena saya tinggal di Jogja.
thanks mbak.GBU
regards
AndaYani

hi mbak,
saya bulan depan rencananya mau ke jerman. tapi saya pakai flight GA yg jakarta-amsterdam. saya musti buat visa by embassy belanda ato jerman? ato musti terbang lagi dari amsterdam ke frankfurt? soalnya temen saya bilang; “cuma negara yang memberi visa schengen harus menjadi negara pertama yang di kunjungi.”
danke :)

Mb Andayani,

Untuk Kursus di Yogyakarta
cek this Pusat Studi Jerman UGM Bulaksumur UGM Blok B11
Kelas Bulan Juli 2011

Level 1 Program Semi Intensif (Senin, Rabu, Jumat) jam 16.30.
Level 2 program Reguler (Selasa & Kamis) jam 16.30 & 19.00.
Level 3 Program Semi Intensif (Senin, Rabu, Jumat) jam 16.30.

cek di Face book nya aja Pusat Studi Jerman Ugm

halo,

“Surat undangan ini dibuat oleh Ausländeramt (semacam kantor imigrasi)” maksudnya bagaimana yah? saya meminta perusahaan di sana supaya mengurus ke Ausländeramt? atau kita hanya meminta surat kontrak dari perusahaan sana kemudian mengurus di jakarta untuk surat undangannya?

halo,

“Surat undangan ini dibuat oleh Ausländeramt (semacam kantor imigrasi)” maksudnya bagaimana yah? saya meminta perusahaan di sana supaya mengurus ke Ausländeramt? atau kita hanya meminta surat kontrak dari perusahaan sana kemudian mengurus di jakarta untuk surat undangannya?

terima kasih

Yang membuat surat pengajuan adalah pihak kantor ke Ausländeramt. Kemudian Ausländeramt membuat surat undangan ke mas Firman. Biaya yg dikenakan Ausländeramt ke pihak perusahaan sekitar 25 Euro. Danke

terima kasih sama jawabannya. tadi saya tanya melalui email: Visastelle [visastelle@jaka.diplo.de] surat menyurat resmi kedutaan , katanya ‘undangan formil dari perusahaan tempat Anda akan magang nanti’. menurut anda bagaimana?

kemudian apabila akan tinggal magang 1 tahun apakah ada jaminan keuangan yang harus disediakan?

mbak, mohon info nya ya, aku rencananya mau ke jerman hanya untuk liburan beberapa hari aja, apakah aku harus tetap mengurus visa atau tidak?? pliss minta info mengenai data2 lain yang dibutuhkan..tq before.

Visa harus tetap diurus mbak.

perasaan yg dibilang diatas untuk orang yg akan mengunjungi lebih dari 3 bulan. Karena waktu tahun lalu saya ke Jerman saya cukup bermodalkan passpor, tiket, buku tabungan dan (kebetulan ada teman saya di Jerman yg memberikan surat undangan).

Dulu saya pergi ke Jerman untuk survey sebelum saya master di Hannover. Setelah 1,5 tahun saya sudah mengundang beberapa teman saya tidak perlu pergi ke Ausländeramt untuk mngurus surat undangan tersebut. Cukup kirim surat biasa saja.

pak/mas @Raden baskoro bisa saya minta alamat email anda ? ada beberapa hal yang mau saya tanyakan. atau email saya di yesi.chie@yahoo.com
makasih sebelum dan sesudahnya

mba tanya dong.. pernah tau ga?
suami saya kan warga negara amrik.. saya ingin ikut dengannya tinggal di jerman, dia kerja disana,, kira2 syaratnya sama ga dengan visa izin tinggal??
tp itu kan kalo suaminya orang jerman..

teman2 diatas saya ada di batam nih, bisa bantu saya informasi guru private bahasa german di batam? supaya saya bisa mendapatkan certificate A1
terimakasih infonya….di tunggu di denita_sumbayak@yahoo.com

Hallo Mbak,

Mbak,saya mau dunk belajar intensif sama mbak.. boleh bantu untuk email ke saya :ratih_1807@yahoo.co.uk. saya juga ingin mengambil sertifikat A1.saya bisa hubungi mbak dimana ya ? saya harapkan bantuannya mbak.
bis bald ,

Danke :)

halo…
saya Silvi lulusan S1 Bahasa Jerman Uiversitas Negeri Jakarta domisili di Jakarta.yang berminat belajar bahasa jerman boleh hubungi saya di kak_inchi@yahoo.com
makasih

mas @raden baskoro bisa saya minta alamat emailnya ? ada beberapa hal yang mau saya tanyakan :) atau email saya di yesi.chie@yahoo.com
makasih sebelum dan sesudahnya

Hallo mba

Salam kenal .. saya mau tanya mba apakah surat Verpflichtungserklärung itu bisa di tandatangi oleh 2 sponsor ? kebetulan saya di undang sama pacar saya yang di jerman dan orang tuanya juga .. makasih ya mba

halo, saya mau tanya apa bisa kalau saya mendaftar sekolah bahasa german di germannya… hanya 3 bulanan saja… saya diundang oleh pacar saya disana.. krn di web kedutaan tidak ada jenis visa skh bhs… adanya langsung study…

oya, apa saya hrs deposit 8040 euro itu juga?
thx u

Mba, saya bulan Juli mau ke Jerman utk voluntary job. Saya mau ngurus visa, masalahnya saya sekarang kuliah di Taiwan (dan sampai hari keberangkatan juga masih di Taiwan). Persyaratan spt. surat undangan, passpor, dll udah disiapkan, cuma kurang asuransi kesehatan aja. Saya mau tanya, ngurus asuransi kesehatan bisa dari sini ngga ya? Kalo bisa gimana ngurusnya? Apa harus ngurus dari indonesia? Terima kasih banyak mbak, ditunggu jawabannya.

terimakasih blog ini sangat membatu, saya mau tanya, tante saya tinggal di sana, saya rencana ngurus visa tourist cuma untuk sekitar 2 minggu, dan tante saya jadi sponsornya, kira2 masih butuh A1 apa enggak ya, dan kira2 bisa mudah ga ya, saya seorang self-employed, takut banget kalo sampai di tolak, terimaksih :)

kalau visa tourist tidak butuh A1. Kalau ada sponsornya biasanya tidak masalah

@ola saya maunikut kursus jg di goethe, bisa minta tolong email infonya ke nico_detonics@yahoo.com

[...] itu biaya untuk Visa Schengen, asuransi, dll harus disiapkan. Yah, habis googling bentar di situs ini, saya nampaknya harus menyiapkan sekitar 4 juta untuk visa saya bersama [...]

Gue ngurus visa tinggal sudah lebih dari 2,5 bulan tapi nggak ada jawaban. Selalu pihak kedutaan berkilah “belum ada jawaban dari immigrasi jerman”.Padahal semua persyaratan sudah dipenuhi. Termasuk bayar 700 rb + 500 EUR buat biaya kursus jerman. Sampai saat ini kursus saya sudah berjalan 1 bulan, dan saya masih saja di Jakarta.

saya mau tanya mba,minimal deposit untuk pelengkap persyaratan visa jerman berapa ya karna saya ada rencana kesana agustus,tlg di bantu yaaa…

Thanx and Rgds
Winda

Maaf saya mau tanya, calon suami saya org jerman dan berencana mau tinggal disana. Visa apakah yang saya butuhkan? Terus apa saya harus pindah kewarganegaraan? Saya sama sekali blm tau menau tentang ini. Mohon informasinya. Danke schön

enak banget ya angoota DPR pake duit rakyat bisa jalan2
sedepppppp

HI mba kenal.mau nanya soal asuransi.kl kt pk asuransi ADAC n bt dijerman.perlu gk kt kirim yg aslinya????apa cukup scan saja.soalnya takut ditolak

hi saya berencana menikah dan tinggal di jerman tahun depan. Tolong beritahu syarat lengkap membuat visa tinggal dan dokumen2 yg diperlukan. Tolong balas di email saya meymoona123@gmail.com.

Mba klo misalnya deposit di tnggung oleh kenalan saya di jerman bisa?

salam…
saya mau tanya. saya apply visa kursus
bahasa jerman untuk 1 tahun. saya menggunakan sponsor orang jerman. saya
sudah mempersiapkan dan sponsor saya sudah membayar
semuanya mulai dari kursus, tiket
penerbangan, asuransi dll. saya sudh
menunggu 10 Minggu. dan ternyata
visa saya ditolak. Ironisnya visa saya
ditolak disaat saya harusnya saya
berangkat kemarin tanggal 18 juli.
saya sangat sedih karena saya belum
pernah menerima penolakan dan sponsor saya
sudah mengeluarkan uang lebih dari
3000 euro hanya untuk omong kosong.
saya sangat kecewa dan saya nangis
dari kemarin ga berhenti. saya mau
tanya, kalau kita ditolak, apakah Kita
bisa mengajukan banding? itu seperti
apa? kapan kita bisa mengajukan banding? dan berapa lama prosesnya? saya ga ngerti pengajuan
banding visa seperti apa. Dan apabila
saya mau mengajukan visa lain seperti
visa kunjungan di kedutaan jerman ,
apakah visa saya akan ditolak lagi?
Terimakasih mohon bantuannya.

kalo boleh tau ditolaknya kenapa ya? trimakasih

Hey, try http://clashofclanshelper.com/ – I got free Clash of Clans gems here! Get yous too in less than two minutes!! Couldnt believe at first but it really works!(Q134crF8jf)

Kalau ada yang nyari tempat kursus bahasa jerman di jogja untuk persiapan kuliah di jerman, menikah, bekerja, atau lainnya bisa hubungi inovedu.com di (0274) 2188621. Layanan Inovedu lengkap, tidak sekedar kursus, apa yang Anda butuhkan untuk bisa kuliah di jerman bisa Anda konsultasikan disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Shalawat

Al Qur’an Online

Tawassul

Pengunjung

  • 527,604 Pembaca Setia

اهلا وسهلا بحضوركم

Ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk. Kebenaran datangnya dari Alloh SWT, kesalahan datangnya dari kelemahan diri saya pribadi. Jika ingin copy-paste silakan. Mohon masukan dan tegur sapa serta do'akan semoga tetap istiqomah di jalanNYA. Amien

Terima kasih atas kunjungan Anda

Allah exists without a place!

Sahabat Ali Ibn Abi Thalib berkata : "Sebagian golongan dari umat Islam ini ketika kiamat telah dekat akan kembali menjadi orang-orang kafir." Seseorang bertanya kepadanya : "Wahai Amirul Mukminin apakah sebab kekufuran mereka? Adakah karena membuat ajaran baru atau karena pengingkaran?” Sahabat Ali Ibn Abi Thalib menjawab : "Mereka menjadi kafir karena pengingkaran. Mereka mengingkari Pencipta mereka (Allah SWT) dan mensifati-Nya dengan sifat-sifat benda dan anggota-anggota badan." (Imam Ibn Al-Mu'allim Al-Qurasyi (w. 725 H) dalam Kitab Najm Al-Muhtadi Wa Rajm Al-Mu'tadi)

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,018 other followers

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Twitter

Follow me

Shalawat

  1. preview.mp3
  2. M%2BArifin%2BIlham%2B-%2BYa%2BNabi%2BSalam%2BAlaika.mp3
  3. ap-oq6l6w39jhfk.mp3
  4. ap-kuhtapcgrrwg.mp3
  5. ap-io10264j8ykg.mp3
  6. ap-c7w3xmbvvgn4.mp3
  7. ap-cikw7fy7bj0g.mp3
  8. ap-z98gruoi737k.mp3
  9. ap-zz1fwua0x4ao.mp3
  10. preview.mp3
  11. preview.mp3
  12. preview.mp3
  13. preview.mp3
  14. preview.mp3
  15. preview.mp3
  16. preview.mp3
  17. preview.mp3
  18. preview.mp3
  19. preview.mp3
  20. preview.mp3
  21. preview.mp3
  22. preview.mp3
  23. preview.mp3



Asas

Page Rank

Online

tracker

My 4shared

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,018 other followers