Sekedar Catatan

Syurga Rokok

Posted on: June 8, 2007

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

Berapa jumlah perokok di Indonesia? Menurut KORAN TEMPO hari ini, dari total populasi pria Indonesia, sebanyak 69% merokok. Wah, artinya lebih dari separuh lelaki yang ada di Indonesia ini tiap hari memasukkan bahan beracun ke dalam paru-parunya. Angka ini paling tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya seperti Cina yang 53.4%, India 29.4% dan Thailand 39.3%.

Mengapa jumlah perokok di Indonesia tinggi? Secara sekilias, ada beberapa penyebab. Pertama, cukai rokok di Indonesia itu sangat rendah dibanding negara lain. Di Amerika Serikat, misalnya, cukai rokok dibandrol sangat tinggi. Ada dua keuntungan yang bisa didapat: pendapatan negara bisa naik dan jumlah perokok menurun. Bukankah semua orang sudah sepakat bahwa merokok itu merugikan kesehatan?

Kedua, iklan rokok benar-benar bebas di negeri ini. Lihatlah sepanjang jalan tol dikotori oleh billboard rokok dari mulai yang nempel di tiang listrik, billboard segedhe bagong di seputar pusat kota dan pusat keramaian, iklan di media cetak, di radio, di televisi. Di negara-negara Eropa tampaknya iklan rokok justru mulai dilarang untuk beberapa media. Lihatlah balap tim F1 Ferrari yang disponsori oleh sebuah merk rokok dipaksa untuk melepas logo rokok itu dari badan jet darat mereka. Dan, mereka bisa mengikuti peraturan itu.

Ketiga, penegakan hukum di negeri ini masih super lembek. Sejak diundangkannya peraturan daerah mengenai larangan merokok di tempat umum, adakah kita mendengar berapa jumlah orang yang sudah dihukum? Adakah kita tahu berapa jumlah uang denda yang sudah ditangguk pemda? Tapi, lihatlah tempat-tempat umum di Jakarta ini. Orang masih bebas merokok di halte, di kendaraan umum, di mall. Bahkan di beberapa instansi pemerintah juga masih nampak orang merokok dengan seenaknya.

Apa sih enaknya merokok? Cuma orang nekad saja yang masih mau membayar untuk membeli racun dan dengan bodohnya memasukkan racun itu ke dalam tubuhnya sendiri.

Foto: stanice.com

source :

http://jalansutera.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Shalawat

Al Qur’an Online

Tawassul

Pengunjung

  • 608,256 Pembaca Setia

اهلا وسهلا بحضوركم

Ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk. Kebenaran datangnya dari Alloh SWT, kesalahan datangnya dari kelemahan diri saya pribadi. Jika ingin copy-paste silakan. Mohon masukan dan tegur sapa serta do'akan semoga tetap istiqomah di jalanNYA. Amien

Terima kasih atas kunjungan Anda

Allah exists without a place!

Sahabat Ali Ibn Abi Thalib berkata : "Sebagian golongan dari umat Islam ini ketika kiamat telah dekat akan kembali menjadi orang-orang kafir." Seseorang bertanya kepadanya : "Wahai Amirul Mukminin apakah sebab kekufuran mereka? Adakah karena membuat ajaran baru atau karena pengingkaran?” Sahabat Ali Ibn Abi Thalib menjawab : "Mereka menjadi kafir karena pengingkaran. Mereka mengingkari Pencipta mereka (Allah SWT) dan mensifati-Nya dengan sifat-sifat benda dan anggota-anggota badan." (Imam Ibn Al-Mu'allim Al-Qurasyi (w. 725 H) dalam Kitab Najm Al-Muhtadi Wa Rajm Al-Mu'tadi)

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,017 other followers

June 2007
M T W T F S S
« May   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Twitter

Follow me

Shalawat

  1. preview.mp3
  2. M%2BArifin%2BIlham%2B-%2BYa%2BNabi%2BSalam%2BAlaika.mp3



Asas

Page Rank

Online

tracker

My 4shared

%d bloggers like this: