Sekedar Catatan

Tawassul (Pengertian)

Posted on: July 1, 2007

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنََ

Sebagian besar orang salah dalam memahami hakikat Tawassul. Karena itu kami akan menjelaskan pengertian Tawassul yang benar menurut pandangan kami, dan sebelum itu kami harus menerangkan hakikat-hakikat di bawah ini:

  1. Tawassul adalah salah satu cara berdoa dan salah satu pintu menghadap Alloh SWT. Pokok yang dituju pada hakikatnya adalah Alloh SWT. Sesuatu yang dijadikan Tawassul tidak lain adalah perantara untuk mendekatkan kepada Alloh dan barangsiapa yang meyakini selain itu, maka sungguh dia telah musyrik.

  2. Orang yang bertawassul tidaklah menggunakan perantara ini, kecuali karena kecintaannya terhadap perantara itu dan keyakinannya bahwa Alloh mencintai perantara itu. Sekiranya yang terjadi tidak sesuai dengan itu, maka orang yang bertawassul itu adalah orang yang paling jauh dari perantara itu dan orang yang paling dibenci.

  3. Sekiranya orang yang bertawassul berkeyakinan bahwa orang yang dijadikan perantara kepada Alloh bisa memberi manfaat dan menolak kemudharatan dengan sendirinya seperti Alloh, maka sungguh dia telah musyrik.

  4. Tawassul bukan suatu keharusan. Tidak dikabulkannya doa bukan karena Tawassul itu, tetapi yang menjadi pangkalnya adalah doa kepada Alloh itu sendiri, sebagaimana firman Alloh, “Apabila hamba-hambaKU bertanya kepadamu tentang Aku, maka (katakanlah) sesungguhnya Aku adalah dekat.” (QS 2:186). Firman Alloh yang lain, “Serulah Alloh atau serulah Aar Rohman. Dengan nama mana saja kamu seru. Dia mempunyai Asma’ul Husna (nama-nama yang terbaik).” (QS. 17:110)

Bersambung…

Pemahaman yang Harus Diluruskan, hal 80-81, Muhammad bin Alwi al Maliki al Hasani, Pustaka Azzam, Juli 2002, Terjemahan Biqodarin Hariri Lc. S.Ag

1 Response to "Tawassul (Pengertian)"

Assalamu’alaikum wr wb

Kitab Mafahim Yajib an Tusshahhah, Sayyid Muhammad bin Alwi al Maliki al hasani…kitab bagus untuk meluruskan pemahaman….banyak orang yang salah dalam memahami sehingga mudah memvonis saudaranya sebagai musyrik..padahal saudaranya sama sekali tidak melakukan sebagaimana yang dituduhkan…

Jazakallahu khairan..
teruslah berkarya saudaraku, saya juga akan terus berkarya untuk meluruskan kesalahpahaman…
berdakwahlah dengan lemah lembut dan pelan2…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Shalawat

Al Qur’an Online

Tawassul

Pengunjung

  • 616,046 Pembaca Setia

اهلا وسهلا بحضوركم

Ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk. Kebenaran datangnya dari Alloh SWT, kesalahan datangnya dari kelemahan diri saya pribadi. Jika ingin copy-paste silakan. Mohon masukan dan tegur sapa serta do'akan semoga tetap istiqomah di jalanNYA. Amien

Terima kasih atas kunjungan Anda

Allah exists without a place!

Sahabat Ali Ibn Abi Thalib berkata : "Sebagian golongan dari umat Islam ini ketika kiamat telah dekat akan kembali menjadi orang-orang kafir." Seseorang bertanya kepadanya : "Wahai Amirul Mukminin apakah sebab kekufuran mereka? Adakah karena membuat ajaran baru atau karena pengingkaran?” Sahabat Ali Ibn Abi Thalib menjawab : "Mereka menjadi kafir karena pengingkaran. Mereka mengingkari Pencipta mereka (Allah SWT) dan mensifati-Nya dengan sifat-sifat benda dan anggota-anggota badan." (Imam Ibn Al-Mu'allim Al-Qurasyi (w. 725 H) dalam Kitab Najm Al-Muhtadi Wa Rajm Al-Mu'tadi)

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,018 other followers

July 2007
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Twitter

Follow me

Shalawat

  1. preview.mp3
  2. M%2BArifin%2BIlham%2B-%2BYa%2BNabi%2BSalam%2BAlaika.mp3



Asas

Page Rank

Online

tracker

My 4shared

%d bloggers like this: