Sekedar Catatan

Aceh

Posted on: November 9, 2007

Sampai sekarang kalau orang denger gue dipindah ke Lhokseumawe Nanggroe Aceh Darussalam, pertanyaan yang seringkali muncul adalah, bekas tsunami yah? Memang betul musibah besar yang terjadi di penghujung tahun 2004 termasuk yang paling menggetarkan dunia. Tidak kurang dari 300 ribeh [ribu dalam bahasa Aceh] jiwa manusia melayang, ribuan rumah hancur, tak terhitung berapa banyak infrasturktur yang rusak parah karenanya. Namun wilayah jauh Aceh lebih luas daripada wilayah2 yang dihantam gelombang tsunami. Sebagian besar daerah yang dilanda tsunami adalah wilayah pesisir pantai barat Aceh. Sedangkan kota Lhokseumawe berada pada pesisir timur. Ketika gempa besar yang diikuti tsunami menerjang beberapa kota pantai seperti Banda Aceh, Meulaboh, Calang dan pesisir barat lainnya, wilayah pantai timur sempat pasang, namun tidak begitu parah. Memang debit air sempat naik beberapa saat, seperti di daerah Pusong, Lhokseumawe. Namun kabarnya tidak menelan korban jiwa.

4 Responses to "Aceh"

Apakah Bapak Lukman telah meninjau daerah yg dulu terkena tsunami itu sudah pulih kembali seperti semula atau masih dalam perbaikan ? 😦

@ Fulanah binti Fulan :

Alhamdulillah, ane dua kali ke Banda Aceh [salah satu kota yang parah diterjang tsunami]. Beberapa tempat terlihat mulai ditata ulang, tapi tidak seperti semula seperti sebelum terjadinya bencana. Menurut kabar terakhir, BRR [Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi] melaporkan telah mendirikan sekitar 100.000 rumah beserta fasilitas lainnya. Apa ini sudah memenuhi harapan, ane gak tahu. Yang pasti badan ini pun banyak yang menyorotnya. Ada kabar juga bahwa dugaan korupsi terkait dengan dana bencana, tak hanya dilakukan orang Indonesia saja, bule juga melakukannya [sarwa keneh/sami mawon]. Apa bisa dibuktikan? Allohu a’lamu.

Ooooooh ternyata korupsi juga sampai Aceh ya Pak. Anyway thank you atas penjelasannya.

@ Emaknyamaxi :

Korupsi bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja, kan? Ada beberapa tools yang setidaknya memperkecil kemungkinan korupsi al : 1. Aturan yang jelas 2. Penegakan hukum yang tegas 3. Partisipasi pengawasan dari semua pihak 4. Integritas pribadi. Mungkin masih ada lagi yang lain. Tapi seperti kata pepatah bahwa kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelaku tapi juga adanya kesempatan. Waspadalah 3x…!
Danke schoen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Shalawat

Al Qur’an Online

Tawassul

Pengunjung

  • 615,867 Pembaca Setia

اهلا وسهلا بحضوركم

Ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk. Kebenaran datangnya dari Alloh SWT, kesalahan datangnya dari kelemahan diri saya pribadi. Jika ingin copy-paste silakan. Mohon masukan dan tegur sapa serta do'akan semoga tetap istiqomah di jalanNYA. Amien

Terima kasih atas kunjungan Anda

Allah exists without a place!

Sahabat Ali Ibn Abi Thalib berkata : "Sebagian golongan dari umat Islam ini ketika kiamat telah dekat akan kembali menjadi orang-orang kafir." Seseorang bertanya kepadanya : "Wahai Amirul Mukminin apakah sebab kekufuran mereka? Adakah karena membuat ajaran baru atau karena pengingkaran?” Sahabat Ali Ibn Abi Thalib menjawab : "Mereka menjadi kafir karena pengingkaran. Mereka mengingkari Pencipta mereka (Allah SWT) dan mensifati-Nya dengan sifat-sifat benda dan anggota-anggota badan." (Imam Ibn Al-Mu'allim Al-Qurasyi (w. 725 H) dalam Kitab Najm Al-Muhtadi Wa Rajm Al-Mu'tadi)

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,018 other followers

November 2007
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Twitter

Follow me

Shalawat

  1. preview.mp3
  2. M%2BArifin%2BIlham%2B-%2BYa%2BNabi%2BSalam%2BAlaika.mp3



Asas

Page Rank

Online

tracker

My 4shared

%d bloggers like this: