Sekedar Catatan

Bung Tomo

Posted on: November 10, 2007

اللهم صل و سلم و بارك على سيدنا محمد و آله و اصحابه

“Saudara – saudara… kita pemuda-pemuda…rakyat Indonesia disuruh datang membawa senjata kita kepada Inggris dengan membawa bendera putih, tanda bahwa kita menyerah dan takluk kepada Inggris. Inilah jawaban kita, jawaban pemuda-pemuda…rakyat Indonesia: Hai Inggris, selama banteng-banteng, pemuda-pemuda Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membuat secarik kain putih menjadi merah dan putih…selama itu kita tidak akan menyerah. Teman-temanku seperjuangan… terutama pemuda-pemuda Indonesia, kita terus berjuang, kita usir kaum penjajah dari bumi kita Indonesia yang kita cintai ini…Sudah lama kita menderita, diperas, diinjak-injak. Sekarang adalah saatnya kita rebut kemerdekaan kita. Kita bersemboyan: KITA MERDEKA ATAU MATI. ALLAHU AKBAR…ALLAHU AKBAR…ALLAHU AKBAR…MERDEKA! ” [rekaman pidato lengkap Bung Tomo silakan klik di sini]

Tahukah Anda bahwa Bung Tomo [1920-1981] yang secara heroik mampu mengobarkan semangat juang arek-arek Suroboyo dengan pekikan takbirnya yeng membahana di langit Surabaya dalam menghadapi NICA pada 10 November 1945 sampai saat ini belum diakui pemerintah sebagai pahlawan nasional. Karena ketegasan sikap dan prinsipnya, lugas dan apa adanya membuat hubungannya renggang dengan Soekarno dan Soeharto. Bahkan Bung Tomo sempat menginap di hotel prodeo [baca: penjara] selama setahun sejak1 tahun sejak 11 April 1978 ketika banyak mengkritik kebijakan Orde Baru. Sikap tegas dan kritisnya tetap dibawa Bung Tomo sampai akhir hayatnya. Bung Tomo enggan dimakamkan di taman makam pahlawan karena makam tersebut dinilainya banyak diisi ‘pahlawan kesiangan’ [Kompas, 10 Nov 2007] . Bung Tomo meninggal saat menunaikan ibadah haji di Makkah al Mukarromah pada tanggal 7 Oktober 1981. Pada tahun 1982 jenazahnya dibawa pulang ke Indonseia dan dikebumikan di Ngagel, Surabaya.

Semoga Alloh menerima amal ibadah Bung Tomo dan memasukkannya sebagai salah seorang yang bangkit di hari kemudian dengan pakaian ihram sambil bertalbiyah,

Labbayka allohumma labbayk,

Labbayka laa syarika laka

Innal hamda wan ni’mata laka wal mulka

La syariika laka.

Amien

## Rujukan : Wikipedia, Kompas, 10 Nov 2007, Blog Mywritten, Suwarno71

11 Responses to "Bung Tomo"

amiin ya Allah…..

satu-satunya orasi yang sangat mengena di hartiku….

hanyalah orasi dari Bung Tomo….

Orasi yang benar-benar ikhlas….

yang ditujukan hanya demi Indonesia yg berdaulat…

tanpa diboncengi kepentingan apapun…..

salam dariku,

sebagai arek surobyo,aku sangat bangga saat mengetahui bahwa beliau berasal dari kota pahlawan itu,walaupun ada rasa kecewa trhdp sikap pemerintah,semoga ada bnyk pmuda2 sprti beliau di jaman sekarang

@Nuriel: Benar mas, sangat menyentuh jiwa. Salam juga mas Nuriel. Makasih dah mampir dan memberi komentar

@Ahmad Syarief: Setuju mas Syarief. Arek2 Suroboyo dahulu pernah membuktikannya, kenapa sekarang tidak? Pasti bisa. Thanks yah

Nuriel..apanya Nurul neh?… ( maap kalo komen gue gak penting…heheheh )

NURUL ’92

wah ini nih pidato yang aku cari2. btw kok rekamannya gak bisa di buka ya??

Saya ambil link rekaman pidato bung Tomo dari blog rekan di multiply.com. Namun saat ini multiply.com menghapus semua link yang memungkinkan mendownload dari multiply.com. Jadi file yang mas Agung cari memang dihapus oleh multiply.com. Bukan cuma pidato bung Tomo saja, tapi semua file yang bisa di download juga dihapus.

Thanks

Sekedar Informasi

Telah diterbitkan kembali oleh penerbit Visimedia, buku “Bung Tomo Suamiku” karya Sulistina Sutomo. Bersamaan dengan itu, kami terbitkan juga buku “Bung Tomo Menggugat, Pemikiran, Surat, dan Artikel Politik (1955-1980).

Untuk keterang lebih lanjut, silahkan kunjungi website kami, http://www.visimediapustaka.com

Terima Kasih
Visimedia

akuh,,,sebagai remaja ,,,

begitu mengagumi sosok itu,,

sebuah sosok yang penuh dengan semangad…

sosok yang mengajarkan kita untuk pantang menyerah,,,,

sosok yang mengatakan “MERDEKA atau MATI”

akuh bangga memiliki dan mengakui bahwa

beliau adalah pahlawan untukku,,
untuk bangsaku …negaraku,,
hanya INDONESIA kuh,,,

Wou keren apie tuenan

alhamdulillah tgl 7 nov bung tomo tlh resmi jadi pahlawan nas.

Heroik sekali kyai….

Tapi aku pernah baca di buku Tentara pelajar Brigade 17 Ganesha… kejadian yang sama dan waktunya bersamaan juga terjadi di Solo, Cuma di Solo tidak ada tokoh yang se terkenal Bung Tomo. Tapi dari jumlah korbanya menurut yang saya baca lebih banyak di Solo, salah satu pelakunya kalau ga salah pernah jadi menteri transmigrasi jaman Alm. Pak Harto…. Kalau ga salah namanya Pak Martono (alm). Pangkat terakhir di AD Mayjen. Beliau salah satu komandannya waktu peristiwa tersebut terjadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Shalawat

Al Qur’an Online

Tawassul

Pengunjung

  • 619,981 Pembaca Setia

اهلا وسهلا بحضوركم

Ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk. Kebenaran datangnya dari Alloh SWT, kesalahan datangnya dari kelemahan diri saya pribadi. Jika ingin copy-paste silakan. Mohon masukan dan tegur sapa serta do'akan semoga tetap istiqomah di jalanNYA. Amien

Terima kasih atas kunjungan Anda

Allah exists without a place!

Sahabat Ali Ibn Abi Thalib berkata : "Sebagian golongan dari umat Islam ini ketika kiamat telah dekat akan kembali menjadi orang-orang kafir." Seseorang bertanya kepadanya : "Wahai Amirul Mukminin apakah sebab kekufuran mereka? Adakah karena membuat ajaran baru atau karena pengingkaran?” Sahabat Ali Ibn Abi Thalib menjawab : "Mereka menjadi kafir karena pengingkaran. Mereka mengingkari Pencipta mereka (Allah SWT) dan mensifati-Nya dengan sifat-sifat benda dan anggota-anggota badan." (Imam Ibn Al-Mu'allim Al-Qurasyi (w. 725 H) dalam Kitab Najm Al-Muhtadi Wa Rajm Al-Mu'tadi)

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,017 other followers

November 2007
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Twitter

Follow me

Shalawat

  1. preview.mp3
  2. M%2BArifin%2BIlham%2B-%2BYa%2BNabi%2BSalam%2BAlaika.mp3



Asas

Page Rank

Online

tracker

My 4shared

%d bloggers like this: