Sekedar Catatan

SMS Merah

Posted on: May 12, 2008

Isyu tentang nomor telepon berwarna merah cukup membuat puyeng. Berita antah berantah ini muncul dan mulai ramai sekitar hari Kamis 8 Mei yang lalu. Beritanya cukup heboh meski isinya aneh dan kental aroma mistis. Toh tetap ada banyak orang yang percaya dan was-was. Paling tidak turut ‘berbaik hati’ menyampaikan pesan berantai tak bertuan ini ke mana-mana. Terbukti dengan banyaknya SMS yang masuk dan keluar terkait dengan isyu ini.

Yang belum mudeng (nyambung) dengan berita ini silakan simak 2 SMS yang beredar berikut ini: 

Kalau ada telp yang Nomor berwarna merah (0866) dan (0666) jangan diangkat karena dapat menelan jiwa. Hari ini sudah disiarkan diberita, terjadi di jakarta dan duri dan sudah terbukti. Sekarang masih di usut oleh pihak kepolisian, dugaan sementara adalah kasus pembunuhan jarak jauh melalui telepon genggam (HP) oleh dukun ilmu hitam / si penelpon adalah roh gentayangan yg mencari mangsa, harap di mengerti dan kirim semua, harap saling membantu sesama umat manusia.

atau variasi sms lainnya seperti tanpa menyebutkan digit awal no telpon warna merah.

Klo ada yg tlpn NO BERWRN MERAH jgn diangkat krn bs MENELAN JIWA, hr ini disiarkan dibrita,tjd dijkt&duri, n SDH TERBUKTI, skrg msh diusut o/ pihak KEPOLISIAN, dugaan smntr adl kasus PEMBNHN JRK JAUH MELALUI HP o/ DUKUN ILMU HTM/si penelpon adl ROH GENTAYANGAN yg mencr MANGSA, hrp dimngrt & krm ke tmn/sdr semua, hrp slg membnt ssm umat MANUSIA.

atau SMS semisal dengan redaksi yang sedikit berbeda dan tambah bumbu lainnya. Ini cukup meresahkan, bahkan di beberapa tempat berhasil memakan korban. Namun sebenarnya bukan persis seperti ancaman yang ada dalam berita sms tsb, melainkan lebih pada kondisi kejiwanan (mental) yang menerima sms.

Berita terakhir salah satu putra Uwak Mala (salah seorang asisten istri) unfall dan diopname di RS Kesrem Lhokseumawe setelah menerima sms ini. Usut punya usut, ybs memang punya penyakit jantung. Keterkejutan membuatnya unfall, bukan sihir nomor telpon merah. Karena memang belum ada nomor tsb yang masuk, baru sekedar sms pemberitahuan. Nah lo! Cukup jahat sms iseng ini. Berita tentang korban dapat dibaca di detikinet, silakan browsing.

Ada lagi info tentang sms ngawur ini yang sempat “mematikan” kabupaten Bireuen. Bayangkan, karena termakan isyu, banyak orang dan outlet yang mematikan handphone dan menutup toko pada hari Kamis tanggal 9 Mei 2008, karena takut kalau-kalau kejadian itu benar adanya. SMS bahkan dibumbui tentang adanya korban sakit bahkan meninggal di Takengon. Keruan orang Bireuen makin paranoid. Padahal tanggal 9 adalah hari diluncurkannya tarif baru simPATI PeDe 13, juga hari dimana para BM Lhokseumawe melakukan spreading ke kota-kota di wilayah kerja graPARI Lhokseumawe. “Bagaimana mau laku pak, banyak toko yang tutup karena isyu sms ‘berhadiah’ kejang-kejang pak”. Setidaknya begitulah laporan salah seorang yang melakukan spreading produk ke Bireuen. Aneh tapi nyata.

Ada teman yang juga anggota dewan yang sempat telpon sekedar konfirmasi kebenaran hal ini. Katanya, WHO pun memperingatkan bahaya ini. Hah?! WHO turut khawatir terhadap nasib bangsa kita terkait dengan sms gak jelas ini. Yang bener aje?! WHO badan dunia dengan seabreg (banyak sekali) masalah yang dihadapi, turun untuk berpartisipasi mengingatakan bahaya ini. Luar biasa! Takhayul ini perlu diperkuat oleh badan kesehatan dunia.

Dulu ramai surat berantai -baik dikirim atau via email- yang mengatasnamakan kuncen makam Nabi Muhammad shallollohu ‘alayhi wa wwlihi wa sallam, yang isinya sepertinya benar namun ada virus TBC (Takhayul, Bid’ah dan Khurofat) di dalamnya. Sekarang tekhnologi berubah. Media yang digunakan bisa beragam termasuk hape yang murah meriah. Targetnya bisa seribusatu macam. Yang pasti tidak perlu kesusu (tergesa gesa) percaya dengan hal yang berbau mistis alias takhayul. Perlu kewaspadaan dan kearifan berfikir sebelum kita memforward sms yang seperti ini. Bahkan sebaiknya kita memberikan pencerahan terhadap orang yang mem-forward ke kita. Ini pelajaran berharga, silakan ambil hikmahnya.

Tags:

26 Responses to "SMS Merah"

goblok

yeah.. itu hny issue
but ak liat brta ktanya ad org yg dtelp sm ‘no mrah’ trz lmpu rmhny mati n pas nyala dy tak sdarkan diri
it’s true?

Tentg sms merah itu menrt q itu trgntung org yg menerimanya.Jika yg menerimax itu percaya maka akan menimbulkan rasa kekhawatiran dlm hati,ht resah menimbulkan kecemasan yg berkepanjangan.Tp itu bagi yg imannya lemah dan spiritualnya kepada ALLAH sangatlah menim.Sesungguhnya ALLAH berfirman,yg artinya”dengan mengingat ALLAH akan menenangkan hati”

Terbukti sms yg cukup menghebohkan itu hanya berawal dari keisengan, hanya main2. Yg menerima menanggapinya dgn serius dan memforwardnya. Sms janggal itu pun melesat kemana mana. Ada diantaranya yg memanas manasi dgn informasi sesat yg landasannya ‘kabarnya’, ‘konon katanya’ dlsb. Jadilah sms ini sesuatu yg menebar maut. Bahkan ada bahasan di koran yg memberi judul SMS IZRAIL. Aya aya waek (ada ada saja).

yahhh….jgn aneh2 lah…………..

Klu gw pikir ada dukun mau tes ilmu hitam ngapa tanggung2 bunuh orang,kok gak sekalian aja ambil sekian ribu jiwa untuk kesempurnaan ilmunya,n pada kenyataannya gak pernah ada bukti cuma isu dari mulut ke mulut ya ngak,jaman udh aneh pekerjaan udh susah dicari enak ngerjain orang aja,buat yg pertama nyebar berita ngawur ini hbs dh lho makan sumpah orang.

mungkin ga ya ada unsur kesengajaan di balik semua itu..
misalnya aja niat saling menjatuhkan sesama operator..
abis bawa-bawa nomor operator selular sih…
lagipula sekarang makin banyak operator selular,,udah kayak kacang rebuss…

Keren banget ye….layar bisa warna merah semua……lain kali warna-warna pastel dunk….;)

0866 atau 0666 bukan nomor awal salah satu operator. Jadi gak ada kaitannya dengan promosi (white/black campaign) salah satu operator. Ramai diisyukan itu nomor operator baru, AXIS. Ternyata nomor AXIS berawalan 0838.

Kalo Telkomsel jelas 0811, 0812, 0813, 0852. 😛

hoeee…

tambah sip ae britanya…

GaPen beud!!!

PeNtInG g Seh………………..

mNrUt Q nTu HaNyA sEkEdAr oMoNg KoSoNG…..

tw loe……..

ntu saja…

thankz

kenapa perlu wat cam 2.x elok..kerana isu 2 telah jadikan manusia menjadi takut..dosa jika kita melakukanya …hidup x teneng sampai mati….kerana waktu d dunia kite telah wat orang lain x tenang…agi sesiapa yg mendapat mesej itu..jgn takut kerana ALLAH akan menolong org yang enar…

Setelah membaca keterangan ini barulah saya faham. Rupa-rupanya semua itu hanyalag fake. Bayangkan kalau anda foward setiap sms kepada teman-teman. Berapa banyak wang yang masuk ke celular company? Kita juga yang rugi

Percayalah bahwa semua perbuatan di dunia ini kelak akan ada balasanya di akherat. Jadi mereka yg bikin sms yg menyesatkan itu, besuk di akherat akan dituntut oleh org2 yg udah jd korban(mninggal krn tergejut)

@ Din: betul mas, kirim sms jg kan pake pulsa. Pulsa = uang. Mending sms yg manfaat. Makanya pikir dulu lah sblm fwd sms sampah.

@ Abas: bener banget. Mode manggut2 on

aku boleh tahu data2orang yang terbunuh oleh sms merah itu.
dan kalo bole dimana saja kejadian ini berlangsung?
kalo kalian tahu beri jawabanya?

Gak ada yg terbunuh hy karena sms takhayul itu.

jadi ga da yang mati cuma sakit emang sakitnya paan?
trus da berapa orang yang kena? dimana aja?

gak ada yang mati. yang sakit pun bukan karena isyu itu benar, tapi lebih pada kondisi kejiwaan yang menerima sms.

Jadi nothing special

The news was spread n evryone are talking bout it..Some are horrified by it and remind others if they are called by the weird number..Don’t answer it.It may sound scary but funny,i nver heard ‘red number’ called anybody and it usually in black number..But anything can happen..With the world nowadays..I believe it is a virus which is said a black magic..I may not believe bout the so called ‘red number’ but please do take a good care of yourself.

Makasih atas perhatian dan mengingatkan agar tetap waspada. Tks

waduh, cerita ini sudah heboh d malaysia. Siapa la punya angkara ini. Supaya ALLAH menghukum manusia yg membuat kacau saja

Kalo ada nomor itu masuk ke sini,jangan harap setannya betah kepanasan….

Org yg prcya akan isu sms merah.. Brarti org itu BODOH BALA!!!

Gitu aza ko repot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Shalawat

Al Qur’an Online

Tawassul

Pengunjung

  • 616,044 Pembaca Setia

اهلا وسهلا بحضوركم

Ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk. Kebenaran datangnya dari Alloh SWT, kesalahan datangnya dari kelemahan diri saya pribadi. Jika ingin copy-paste silakan. Mohon masukan dan tegur sapa serta do'akan semoga tetap istiqomah di jalanNYA. Amien

Terima kasih atas kunjungan Anda

Allah exists without a place!

Sahabat Ali Ibn Abi Thalib berkata : "Sebagian golongan dari umat Islam ini ketika kiamat telah dekat akan kembali menjadi orang-orang kafir." Seseorang bertanya kepadanya : "Wahai Amirul Mukminin apakah sebab kekufuran mereka? Adakah karena membuat ajaran baru atau karena pengingkaran?” Sahabat Ali Ibn Abi Thalib menjawab : "Mereka menjadi kafir karena pengingkaran. Mereka mengingkari Pencipta mereka (Allah SWT) dan mensifati-Nya dengan sifat-sifat benda dan anggota-anggota badan." (Imam Ibn Al-Mu'allim Al-Qurasyi (w. 725 H) dalam Kitab Najm Al-Muhtadi Wa Rajm Al-Mu'tadi)

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,018 other followers

May 2008
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Twitter

Follow me

Shalawat

  1. preview.mp3
  2. M%2BArifin%2BIlham%2B-%2BYa%2BNabi%2BSalam%2BAlaika.mp3



Asas

Page Rank

Online

tracker

My 4shared

%d bloggers like this: