Sekedar Catatan

Pemborosan Kata

Posted on: September 2, 2008

Sengaja atau tidak, sadar atau tidak, banyak dari kita yang berlebihan dalam menggunakan kata-kata untuk mengungkapkan sesuatu. Satu artikel menarik mengingatkan kita untuk menghidari pemborosan kata. Berhematlah dan gunakan secara tidak berlebihan, sebab sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. 🙂 Artikel ini dipublikasikan di situs polisieyd.blogsome.com pada tanggal 1 Februari 2006 yang lalu.  Untuk kembali mengingatkan kita agar berbahasa yang baik dan benar, silakan kunjungi polisieyd.

Salah satu ciri penggunaan bahasa yang efektif adalah pemakaian kalimat yang hemat tetapi padat isi. Namun, kita masih dapat melihat banyaknya penggunaan kata yang boros. Kata-kata boros ini menjadi berlebihan dan mubazir karena jika dihilangkan pun tidak akan mengubah informasi yang ingin disampaikan.

Dia malah berani memperkirakan sejak dari 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, sebenarnya rata-rata hampir 30 persen dari anggaran daerah di Riau setiap tahunnya terindikasi dikorup. (Riau Pos)

Abbas mendapat tekanan domestik dan internasional untuk menetapkan tanggal pemilihan agar supaya meningkatkan pembaruan demokratis yang dianggap sebagai sangat penting bagi masa depan perdamaian dengan Israel. (Media Indonesia)

Menurut Google, produk ini dalam rangka untuk mengenang pendaratan manusia yang pertama kali di bulan, yang terjadi pada 20 Juli 1969. (Catatan Singkat)

Kata “sejak dari” pada kalimat pertama dapat dihemat dengan hanya menulis “sejak” atau “dari”. Demikian pula dengan kata “agar supaya”, kata ini dapat dihemat dengan hanya menulis kata “agar” atau “supaya”. Sedangkan “dalam rangka untuk” dapat ditulis “untuk” saja.

Kalimat-kalimat berikut juga mengandung kata-kata yang boros.

Pemerintah Filipina mengisyaratkan niatnya menarik 51 pasukannya yang berada di Irak, demi untuk menyelamatkan nyawa seorang warganya yang diculik kelompok garis keras Irak. (Kompas)

Lingkungan yang terbentuk adalah merupakan kesadaran (atau ketidaksadaran) apresiatif pelaku yang terlibat didalamnya, perpaduan sikap antara usaha penuaian peran dan adaptasi terhadap benturan. (dhika@batikkejora)

Inti atom yang ditembakinya itu membentuk berbagai unsur-unsur baru. Fermi kaget bercampur senang. (Kompas)

Kapolri mengatakan, pihaknya telah mengirimkan ke DPR, daftar nama-nama orang yang memberikan sumbangan ke institusi Polri. (Pikiran Rakyat)

… mencemari tanah, air, udara dan lapisan ozon, menyebabkan pemanasan global, kerusakan lingkungan dan mengganggu kesehatan, seperti infeksi saluran pernafasan, iritasi mata, dan lain-lain. (www.triaji.net/blog)

Fenomena tersebut dapat mendeskripsikan tentang realitas sosial dan pendidikan agama (Islam) di Indonesia secara umum. (Kompas)

Upaya memanipulasi tujuan daripada pemilu harus dihindari. Lebih baik mengembangkan politik akal sehat dan apa adanya, tidak menipu rakyat. (Suara Karya)

Apabila seseorang mengalami kelainan ini, maka pada lengkung gigi dan rongga mulutnya terdapat ruangan kosong sehingga tampak celah antara gigi (diastema). (Suara Merdeka)

Karena kebebasan yang diberikan sehingga produk unitlink ini tidak memberikan jaminan atau tingkat pengembalian yang dijamin oleh perusahaan asuransi. (Sinar Harapan)

Bupati Cilacap Probo Yulastoro bersama asisten pemkab setempat, seluruh kepala bagian (kabag), kepala dinas (kadinas), para camat, kepala desa dan kepala kelurahan menyatakan persetujuan pencopotan Ir. Adi Suroso dari jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Cilacap. (Pikiran Rakyat)

Dapatkah Anda menunjukkan bagian mana dari kalimat-kalimat tersebut yang dapat dihemat? )

3 Responses to "Pemborosan Kata"

Untuk Andi dan mbak Dyah Narang, situs polisieyd.blogsome.com cukup menarik karena membahas tentang bahasa Indonesia sesuai EYD. Tapi sayang sepertinya sekarang tidak ‘update’ lagi.

Herr, sejak dari kemaren semalem saya mau komen dalam rangka untuk blogwalking.

*kabuurrr*

Danke Lukman. Aku rajin kok surf di polisi eyd… kalau ada hal2 yang gak yakin, aku sering buka2 file di sana. Yang aku rajin cari juga ttg bahasa gaul, bahasa singkatan… krn kalau cuma pulang kampung 6 minggu ke Indonesia, bahasanya jadi kaku begitu… kadang banyak istilah yang gak nyambung… alias “gelap ah”… -Dy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Shalawat

Al Qur’an Online

Tawassul

Pengunjung

  • 629,688 Pembaca Setia

اهلا وسهلا بحضوركم

Ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk. Kebenaran datangnya dari Alloh SWT, kesalahan datangnya dari kelemahan diri saya pribadi. Jika ingin copy-paste silakan. Mohon masukan dan tegur sapa serta do'akan semoga tetap istiqomah di jalanNYA. Amien

Terima kasih atas kunjungan Anda

Allah exists without a place!

Sahabat Ali Ibn Abi Thalib berkata : "Sebagian golongan dari umat Islam ini ketika kiamat telah dekat akan kembali menjadi orang-orang kafir." Seseorang bertanya kepadanya : "Wahai Amirul Mukminin apakah sebab kekufuran mereka? Adakah karena membuat ajaran baru atau karena pengingkaran?” Sahabat Ali Ibn Abi Thalib menjawab : "Mereka menjadi kafir karena pengingkaran. Mereka mengingkari Pencipta mereka (Allah SWT) dan mensifati-Nya dengan sifat-sifat benda dan anggota-anggota badan." (Imam Ibn Al-Mu'allim Al-Qurasyi (w. 725 H) dalam Kitab Najm Al-Muhtadi Wa Rajm Al-Mu'tadi)

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,017 other followers

September 2008
M T W T F S S
« Aug   Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Twitter

Follow me

Shalawat

  1. preview.mp3
  2. M%2BArifin%2BIlham%2B-%2BYa%2BNabi%2BSalam%2BAlaika.mp3



Asas

Page Rank

Online

tracker

My 4shared

%d bloggers like this: