Sekedar Catatan

Komunitas Peduli Rohingya

Posted on: March 19, 2009

Dear All,

Postingan berikut adalah postingan tentang usaha penggalangan dana untuk pengungsi Rohingya yang berada di Sabang.

Silahkan disebarkan (copy & paste) diblog masing-masing supaya gaungnya kerasa. Kalau sudah dikopi-paste jangan lupa kasih tautan kemari, biar saya list blognya disini. Danke, Thanks, Terimong Geunaseh, Makasih.

Awal idenya dari manager saya dikantor, beliau baca diserambi bahwa persediaan makanan untuk pengungsi Rohingya yg di sabang menipis (kira-kira cuma seminggu lagi). Waktu itu saya kasih gagasan kenapa kita gak undang komunitas Acehblogger yg sudah berteman baik dengan kita (say hai to bg fadli), saya langsung kontek bang fadli beliau oke aja. Malahan temen-temen di komunitas blog & KPLi Aceh sudah pernah melakukan kegiatan serupa. Mantab saya fikir. Fyi, Tsel Lhokseumawe juga pernah bikin acara serupa, tapi donasi untuk pengungsi Rohingya yg berada di Idi Rayeuk.

Ide mengalir terus, waktu temen saya wira bilang temen-temen di komunitas Acehforum & Acehfotografer ternyata punya maksud yg sama ya kenapa gak disatukan saja? Yaudah, kita gerak cepat, Telkomsel (saya, wira, dan bg denny) selaku fasilitator mengajak pentolan-pentolan komunitas ini untuk ngumpul di Helsinki untuk nyatuin ide, nyamakan persepsi, apa-apa aja yg bisa kita buat untuk mengumpulkan donasi.

Alhamdulillah ide sudah ada, tinggal eksekusi. Berapapun nanti yg didapat disepakati akan disumbangkan untuk pengungsi Rohingya. Berikut publish untuk para blogger diblognya masing-masing (silahkan dikopi paste).

“KOMUNITAS PEDULI ROHINGYA“

(Komunitas Acehforum, Komunitas Acehblogger, Komunitas Acehfotografer, Komunitas KPLi Aceh, dan juga TELKOMSEL Aceh)

Akhir-akhir ini banyak terdengar berita tentang “Pengungsi Rohingya”. Pengungsi Rohingya adalah warga minoritas muslim Myanmar yang sudah belasan hari terdampar di lautan mencari suaka ke negara-negara sekitar Selat Malaka, Teluk Martaban, dan Laut Andaman.

Sedikit tentang Pengungsi Rohingya (Manusia Perahu). Etnis Rohingya sejak awal merdekanya negara Burma (kemudian berganti nama menjadi Myanmar pada tahun 1989) tak pernah mendapat pengakuan sebagai etnis yang berhak menjadi warga negara dari sekitar 137 etnis yang diakui di Myanmar. Oleh karena itulah Etnis Rohingya disebut sebagai: Stateless and Forgotten People (orang tanpa kewarganegaraan dan dilupakan).

Menggunakan sembilan perahu mereka kemudian terdampar di Laut Andaman, sebagian kecil diselamatkan oleh warga Indonesia dan kini ditampung sementara di Aceh. Sebagian lainnya diselamatkan oleh Angkatan Laut India. Selebihnya masih terkatung-katung. Disebutkan bahwa nelayan Aceh menyelamatkan 220 ‘manusia perahu’ Rohingya pada 2 Februari 2009, namun 22 di antaranya telah tewas karena kehausan dan kelaparan.

Penelantaran oleh negara asal Myanmar dan pengusiran oleh negara tujuan seperti Thailand tentunya menimbulkan pertanyaan, apakah memang stateless persons dan para pencari suaka (asylum seekers) tak memiliki hak untuk diperlakukan secara wajar dan mendapatkan perlindungan yang layak secara kemanusiaan?
Saat ini, ada 93 warga Negara Myanmar dan Bangladesh di Sabang dan 198 warga Myanmar di Idi Rayeuk, Aceh Timur yang membutuhkan bantuan. Mari, bersama ”Komunitas Peduli Rohingya” kita bantu mereka. Salurkan dana Anda.

Sedikit tentang komunitas. Komunitas peduli Rohingya, yang terdiri dari Komunitas Acehforum, Komunitas Acehblogger, Komunitas Acehfotografer, Komunitas KPLi Aceh, bersama TELKOMSEL mengajak para blogger yang membaca postingan ini untuk memberikan donasi yang nantinya akan kita salurkan untuk para pengungsi.

Contoh sumbangsih (kegiatan & event) yg diberikan oleh masing-masing komunitas antara lain; Acehforum membuat booklet kecil yang akan diberikan/dijual ke masyarakat, Acehblogger dan KPLi-Aceh turun ke jalan langsung untuk mengumpulkan uang sumbangan.

Acehfotografer akan membuat ”Hunting Photo For Rohingya” nanti photonya akan dibingkai dan dijual ke masyarakat (termasuk uang pendaftaran dari all peserta akan disumbangkan). Telkomsel sendiri, bekerjasama dgn dealer, akan menjual perdana dibawah harga yg nantinya Rp.3000,- dari tiap perdana yg dijual akan disalurkan untuk pengungsi Rohingya.

Untuk temen-temen blogger, silahkan copy-dan-paste thread ini agar gaungnya kemana-mana. Mari tunjukkan kepedulian kita. Bagi yg mau nyumbang silahkan hubungi komunitas masing-masing.

Untuk transfer, mungkin rekening berikut bisa dipakai:

Rekening Elly KF
bank mandiri cabang banda aceh
no rek 105 000 5026921

atau diantar langsung ke C & E Gallery (oriflame )
Jln Daud Beureueh No 133 (depan SMU 3 Banda Aceh)

Information, kontak FAHRUL Hp: 08126965634; YM: fachrul01

Jangan lupa konfirmasi setelah melakukan donasi, supaya bisa sama-sama dipertanggung jawabkan.

4 Responses to "Komunitas Peduli Rohingya"

[…] Peduli Mereka? 7. Save Rohingya – Eh, Muslim Rohingya Dilupakan Lagi! 8. Herr Lukman – Komunitas Peduli Rohingya! 9. akan di update […]

ABC Regional III Bireun yang akan mengadakan pelatihan Blogging tgl 28-29 Maret 2009 juga akan mengupayakan pengumpulan dana untuk muslim Rohigya.

luar biasa Tengku. Semoga makin berkah

mantaps…terus laporan nya dan photo hasil jepretan di sabang mana neh bang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Shalawat

Al Qur’an Online

Tawassul

Pengunjung

  • 615,867 Pembaca Setia

اهلا وسهلا بحضوركم

Ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk. Kebenaran datangnya dari Alloh SWT, kesalahan datangnya dari kelemahan diri saya pribadi. Jika ingin copy-paste silakan. Mohon masukan dan tegur sapa serta do'akan semoga tetap istiqomah di jalanNYA. Amien

Terima kasih atas kunjungan Anda

Allah exists without a place!

Sahabat Ali Ibn Abi Thalib berkata : "Sebagian golongan dari umat Islam ini ketika kiamat telah dekat akan kembali menjadi orang-orang kafir." Seseorang bertanya kepadanya : "Wahai Amirul Mukminin apakah sebab kekufuran mereka? Adakah karena membuat ajaran baru atau karena pengingkaran?” Sahabat Ali Ibn Abi Thalib menjawab : "Mereka menjadi kafir karena pengingkaran. Mereka mengingkari Pencipta mereka (Allah SWT) dan mensifati-Nya dengan sifat-sifat benda dan anggota-anggota badan." (Imam Ibn Al-Mu'allim Al-Qurasyi (w. 725 H) dalam Kitab Najm Al-Muhtadi Wa Rajm Al-Mu'tadi)

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,018 other followers

March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Twitter

Follow me

Shalawat

  1. preview.mp3
  2. M%2BArifin%2BIlham%2B-%2BYa%2BNabi%2BSalam%2BAlaika.mp3



Asas

Page Rank

Online

tracker

My 4shared

%d bloggers like this: