Sekedar Catatan

Ziarah ke Makam Nabi dan Wali

Posted on: August 10, 2011

Adakah melakukan perjalanan dengan tujuan menziarahi makam Nabi Muhammad SAW atau Wali min Awliya-illah suatu hal yang dilarang, sebagaimana anggapan Wahhabi? Tentu jawabannya tidak. Bahkan menziarahi makam Nabi Muhammad SAW dan juga orang-orang shalih untuk mengambil keberkahan, sesuatu yang disunnahkan dan dicontohkan orang-orang terdahulu. Sampai masanya Ibnu Taymiyah memberi fatwa bahwa hanya boleh melakukan perjalanan ke tiga lokasi : Masjidil Harom, Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsho. Melakukan perjalanan ke selainnya tidak diperkenankan. Hadits yang berbunyi :

“Perjalanan tidak boleh dilakukan kecuali ke tiga masjid saja, yaitu masjidku ini (Masjid Nabawi), Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha.”

sejatinya bukan melarang secara mutlak untuk melakukan perjalanan. Para ulama telah bersepakat atas pemahaman seperti ini. Syaikh Sulaiman bin Manshur yang dikenal dengan julukan al-Jamal berkata, “Maksudnya adalah melakukan perjalanan untuk melakukan shalat, sehingga tidak menafikan kebolehan melakukan perjalanan untuk tujuan lain.” Ia juga berkata, “Imam Nawawi berkata, “Maksudnya adalah tidak ada keutamaan dalam melakukan perjalaanan ke suatu masjid, kecuali ketiga masjid itu.” Imam Nawawi menukil pemahaman ini dari jumhur ulama.

Al-‘Iraqi berkata, “Di antara penafsiran terbaik yang lain adalah bahwa maksud hadist tersebut adalah khusus melakukan perjalanan ke masjid. Sehingga, tidak boleh melakukan perjalanan dengan niat berziarah ke masjid kecuali ketiga masjid ini saja. Adapun melakukan perjalanan dengan niat selain itu, seperti untuk menuntut ilmu, bersilaturahim kepada para ulama orang-orang shaleh serta para teman, berniaga, melakukan rekreasi dan lain sebagianya, maka tidak masuk dalam larangan ini. Hal itu sesuai dengan sebuah riwayat yang secara tegas menjelaskan hal itu. Imam Ahmad dan Ibnu Abi Syaibah meriwayatkan melalui jalur Hasan dan Abi Said al-Khudri r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda,

“Seseorang tidak selayaknya melakukan perjalanan ke suatu masjid untuk melakukan shalat di dalamnya, kecuali Masjidil Haram, Masjidil Aqsha dan masjidku ini.”

Berikut pemahaman Wahhabi mengenai larangan melakukan perjalanan

Mari bandingkan dengan apa yang dicontohkan oleh Imam Syafi’ie terkait melakukan perjalanan untuk ziarah

Sungguh jelas perbedaan antara Ahlus Sunnah dengan Wahhabiyah

Rujukan : dari blog ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Shalawat

Al Qur’an Online

Tawassul

Pengunjung

  • 610,929 Pembaca Setia

اهلا وسهلا بحضوركم

Ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk. Kebenaran datangnya dari Alloh SWT, kesalahan datangnya dari kelemahan diri saya pribadi. Jika ingin copy-paste silakan. Mohon masukan dan tegur sapa serta do'akan semoga tetap istiqomah di jalanNYA. Amien

Terima kasih atas kunjungan Anda

Allah exists without a place!

Sahabat Ali Ibn Abi Thalib berkata : "Sebagian golongan dari umat Islam ini ketika kiamat telah dekat akan kembali menjadi orang-orang kafir." Seseorang bertanya kepadanya : "Wahai Amirul Mukminin apakah sebab kekufuran mereka? Adakah karena membuat ajaran baru atau karena pengingkaran?” Sahabat Ali Ibn Abi Thalib menjawab : "Mereka menjadi kafir karena pengingkaran. Mereka mengingkari Pencipta mereka (Allah SWT) dan mensifati-Nya dengan sifat-sifat benda dan anggota-anggota badan." (Imam Ibn Al-Mu'allim Al-Qurasyi (w. 725 H) dalam Kitab Najm Al-Muhtadi Wa Rajm Al-Mu'tadi)

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,018 other followers

August 2011
M T W T F S S
« Jul   Sep »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Twitter

Follow me

Shalawat

  1. preview.mp3
  2. M%2BArifin%2BIlham%2B-%2BYa%2BNabi%2BSalam%2BAlaika.mp3



Asas

Page Rank

Online

tracker

My 4shared

%d bloggers like this: